Cara menampilkan Adsense di halaman berbahasa indonesia

Setelah melewati petapaan, perenungan dan eksperimen kecil-kecilan yang berujung kegagalan dan keputus asaan (cieh, bahasanya….), dalam hal ini beberapa blog yang saya pasangi adsense mogok tampil alias gak muncul iklannya ketika di halaman postingan berbahasa Indonesia. Saya yang sempat putus asa, berusaha mengakali dengan memposting tulisan bahasa londo. Apalah daya, Kemampuan bahasa Inggris yang pas-pasan memaksa saya berpikir penuh untuk mentranslate bahasa ketika saya berpikir (Biasanya saya berpikir dengan memakai bahasa Bima). Dan terus terang, sebuah aktivitas yang melelahkan. Kadang juga sempat berpikir untuk Say Goodbay dengan adsense, tapi sepertinya sulit karena daku masih sayang padanya…..

Akhirnya titik terang itu muncul. Setelah sempat nyasar ke bognya Dendy yang kasih info cara menyeting skrip adsense, nemu juga tutorial lainnya tentang gimana caranya biar iklan tetap nongol apapun bahasa yang kita pakai dalam blog kita.
Begini ceritanya…..
hmm…. dari mana yah, sebenarnya simple kok…

Tinggal tambahkan google_language = "en"; pada sekrip google adsense anda. Lengkapnya seperti ini:

Picture courtesy by: taktiku.blogspot.com

Yang berwarna merah pada gambar adalah code yang dimasukkan. Lalu save atau pasang adsense anda seperti biasa.

Saya belum dapat informasi, apakah dengan trik seperti ini melanggar ketentuan TOS dari google atau tidak. Jadi, segala resiko penggunaan trik ini adalah resiko anda pribadi 😀 .

Yang jelas, setelah menggunakan trik diatas, perolehan adsense pada bloggku yang dulu seret kini mulai bergairah kembali, seakan Mak Erot Hidup lagi. Dan Iklan dan pesan sosial dari om gugel tidak pernah lagi muncul dan mendominasi space iklan di blog kesayangan ku.

Jadi, para publisher adsense Indonesia. Senyum Dong!!!! 😀

latest update:

Memperhatikan syarat dan ketentuan dalam TOS:

Prohibited Uses. You shall not, and shall not authorize or encourage any third party to: (ii) edit, modify, filter, truncate or change the order of the information contained in any Ad, Link, Ad Unit, Search Result, or Referral Button, or remove, obscure or minimize any Ad, Link, Ad Unit, Search Result, or Referral Button in any way without authorization from Google;”

Tidak disarankan melakukan modifikasi semacam itu. Resiko terberat adalah account kita di banned. jadi sekali lagi, tanggung jawab ada pada diri masing-masing.

21 tanggapan untuk “Cara menampilkan Adsense di halaman berbahasa indonesia

  1. Hemm kayaknya itu ga boleh deh! Dulu blog indoku jg cm iklan Layanan Masyarakat, tapi begitu ku posting english mulai deh iklan2 iphone nongol, nokia ampe samsung g ktggalan, drpd kena banned mending maen jujur aja deh, save google adsense!

  2. wah ga takut banned ya om kan publisherkan ga boleh ganti kode kecuali publisher terhormat…heee… tapi saya juga pakai ko dan ilmukomputer.com juga pakai kemarin aku pernah baca tuh di postingan???aduh lupa lagi namanya

  3. kalo punya blog berbahasa inggris. sudah punya kode adsense dari blog yg bhs Inggris, terus dipasang diblog yg lain tapi berbahasa Indonesia….(bikin blog baru tapi berbahasa Indonesia)…Bisa nggak ya. Saya tungga jawabannya. Terimakasih. Semoga blog ini sukses.

  4. jangan ngelanggar, usahain belajar bahasa inggris
    kalopun susah tapi pembaca banyak juga yang ngertiin kok
    itu kata potingan ?… saya lupa
    kata dia orang bule juga bisa ngertiin … asal masih nyambung dan artikel ente bermanfaat..gitcu…

  5. makasih om… gw berjanji akan menggunakan trik ini.. semoga berhasil ya mas..

    ga apa2 kok.. diban malah ada banyak iklan alternatif adsense lainnya..

  6. Infonya oke, namun demi kepentingan nasional, lebih baik kita main jujur aja, jangan sampai negara kita di black list oleh Om Google. Gimana kalo di black list seperti India. Kan kita semua kena getahnya.

  7. bagimanpun juga keteraturan akan hidup karena adanya rules so klo masih menjunjung tinggi moral jangan melanggar apa yg google sarankan..masih banyak cara meraih dollar lewat adsense misalnya yaa bikin blog berbasha inggris kek..lagian pasarnya lebih global tuh

  8. Jujur rada rada pesimis baca judulnya tapi setelah ane praktekin step by step … berfungsi gan (very recomended article hehe) .. akhirnya sekarang semua blog saya baik bahasa indonesia ataupun yang lainnya ada iklan google adsense nya.. great info thank gan…

Tinggalkan komentar