Arsip

Posts Tagged ‘makassar’

[MPAMA] Ompu Gale Ma Ne’e Lao ‘Da Goa

Juni 2, 2011 1 komentar

Mpama adalah sebuah budaya tutur lisan masyarakat Bima yang dalam istilah Bahasa Indonesia disebut Dongeng. Lazimnya di daerah lain di Indonesia Mpama kerap dituturkan dari orang tua kepada anaknya menjelang tidur. Mpama banyak berisi petuah-petuah walaupun secara tersurat Mpama dibungkus dalam canda dan humor yang menarik.

Pada postingan kali ini saya ingin membawakan Mpama dalam Bahasa Bima (Nggahi Mbojo), mengenai seorang Ompu Gale, tokoh fiktif dan kelucuannya ketika pertama kalinya naik kapal laut. Nama Ompu Gale saya pilih untuk menghormati seorang kakek yang saya hormati karena mendedikasikan sebagian besar waktu pertemuan dengan saya untuk menceritakan Mpama-Mpama sampai sekarang masih melekat dalam ingatan masa kecil saya. Beliau beberapa minggu yang lalu telah meninggal dunia, dan Mpama (saduran dari jokes yang pernah saya baca di Internet) dibawah ini saya dedikasikan untuk beliau.

OMPU GALE MA NE’E LAO ‘DA GOA

Wara ku ke Ompu Gale ku ngarana, ana cumpu kaina ba Ompu edere na sakola ‘da Goa. ‘Ba mbale lingi ade ana na, Ompu Gale edere ncau-ncau didi ‘ba ana na kau lao ‘da Goa pala cambe kaina sura ana na ede “nahu ke wati disa ku lao ‘da ‘ba watip iu ku nente kapa“. ‘Ba ntuwu kali ra didi ‘ba ana na re sekali wakatu ka io ‘ba ndai ompu.

Senai sawatipu lao ‘da kai kapa Ompu edere wa’u ra weli na tike kelas ekonomi, wa’u rau ka ambina kardus isina ‘bawa dua kilo, mangge tolu pore, ‘bongi upa ganta, ndi wa’a na ru’u ana ra meci na ede. ‘Ba kapa re na tu’u aka la’bu si’di ai ku, mpara ede Ompu ‘ba dahuna ngeri tu’u ngoa na wa’i kau ro’du si’di-si’di.

Raka aima si’di nefa lalompa wa’i ro’du ompu ma mbuipu caru maru. tu’u sadeka ompu ‘ba ringana eli kapa. Wati kone ndeuna, nggori fica na wa’i kani ka kani mpa sia ‘baju ra katente na tembe, lambe na kardus ndi wa’ana langsung losa ‘di uma ouna oje. Baca selanjutnya…

Silsilah Para raja, Sang Bima dalam Mitologi I Lagaligo

April 12, 2010 6 komentar

Tulisan ini saya muat dalam group Bima Tanahku dan saya muat kembali disini agar bisa terakses lebih luas oleh siapapun yang ingin membacanya.

Membaca beberapa Notes di group ini yaitu:
1. http://www.facebook.com/notes/bimaku-tanahku/pengaruh-kekuasaan-kerajaan-majapahit-dalam-berdirinya-kerajaan-bima-1/248661172546
2. http://www.facebook.com/notes/bimaku-tanahku/pengaruh-kekuasaan-kerajaan-majapahit-dalam-berdirinya-kerajaan-bima-ke-ii/252335787546
3. http://www.facebook.com/note.php?note_id=279517242546

dua buah artikel tentang perjalanan sejarah Dana Mbojo ada jaman lampau. tulisan itu bercerita tentang asal usul Generasi raja-raja Bima yang dimulai dari kedatangan Sang Bima dst yang dikatakan berkaitan erat dengan pasang surutnya kerajaan majapahit.

Saya tertarik mengangkat informasi dari perspektif lain mengenai silsilah raja-raja Bima yang berkaitan dengan mitos sawerigading dalam Kitab I Lagaligo. Kenapa kita katakan sebagai mitos, karena kitab Lontar ada jaman dahulu banyak berceritakan tentang peristiwa masa lalu dalam bentuk legenda, mitos, atau dongeng sehingga ada sebagian yang tidak rasional dan tak bisa jadi rujukan sejarah, namun ada bagian-bagian yang berkaitan dengan realitas ada masa lalu yang bernilai sejarah. Menurut saya mitos-mitos itu banyak bisa kita temui dalam lontaraq (bahasa bugis dari kitab yang ditulis di daun lontar) seperti Bo Lama (catatan kerajaan Bima pra kesultanan), serta banyak lontaraq Bugis Makassar khususnya lontaraq paling tua yang berisi kitab I Lagaligo.

Dalam salah satu sumber pdf Epos I Laga Ligo saya pernah menemukan data Lontaraq Bugis kuno yang kini tersimpan di Belanda tentang perjalanan Sawerigading ke beberapa daerah. Data itu berbentuk risalah (ringkasan) mengenai daftar no urut pengarsipan lontaraq. ada salah satu daftar saya mendapati data ternyata perjalanan sawerigading dari Sulawesi sampai juga ke daratan Bima dan Dompo (dompu).

ROL. 6 No.5 Aksara:Bugis Lontaraq, mengenai: Perjalanan Sawerigading ke Bima dan disambut baik oleh Kerajaan Bima. Bisa dilihat di: http://www.kitlv.nl/pdf_documents/187_HASSA_Microfilms.pdf

Sawerigading sendiri dipercaya sebagai leluhur/raja pertama yang mempersatukan daratan Sulawesi. Asal usulnya dikatakan sama (segaris) dengan “mitos” asal usul Sang Bima yang titisan Dewata (jin). Baca selanjutnya…

Video Dari Makassar, Abe dan Pentas Sang Dipa

Juli 17, 2008 42 komentar

Kontroversi lagu jauh (Tinggal kenangan) mencapai babak baru, setelah masing-masing pihak yang mengklaim hak cipta lagu itu merelease album, sebuah bukti dihadirkan ke publik. Adalah sebuah video yang berasal dari Makassar yang bercerita tentang sebuah kegiatan seni mahasiswa salah satu kampus di Makassar. Kampus yang dikenal sebagai STMIK Dipanegara Makassar pernah mengadakan sebuah acara pergelaran seni mahasiswa pada pertengahan 2005 (11 juli 2005), yang diadakan oleh Sanggar Seni STMIK Dipanegara (Sang Dipa) yang dalam salah satu pentas menampikan Abe dalam debut pertamanya didepan publik menyanyikan lagu Jauh (Tinggal Kenangan). Abe menyanyikan lagu ciptaan pay itu dengan sedikit improvisasi liriknya.

Rekaman pendek itu sedikit banyak bercerita tentang bagaimana wajah pelantun lagu itu dan bagaimana kondisi disaat pementasan. Tentunya kehadiran video ini juga mematahkan beberapa argumen orang-orang atau band yang mengklaim dirinya sebagai pencipta atau penyanyi lagu yang sama.
Dalam tayangan Silet pada hari ini 17 Juli 2008, saya berkesempatan melihat cuplikan video itu dari layar televisi. Roy suryo “Sang pakar” mambedah video dari sisi kepakarannya, mendaulat Caramel Makassar sebagai pihak yang paling masuk akal untuk disebut sebagai pemegang hak cipta atas lagu yang diklaim juga oleh sebuah band dari Surabaya itu.

Bagi yang belum dengar lagunya, hehehe…. hari geneh gak tau info, nih DONLOT DISINI atau klik DISINI untuk melihat donlotan yang lain.
Sekedar “Cuplikan dari Ada Gosip” SCTV:

Judul : Roy Suryo Mengungkap Keaslian Lagu Tinggal Kenangan
Episode : Global
Tayang : Rabu, 16 Juli 2008

SAAT ini muncul titik terang perihal keaslian lagu Gaby. Fakta itu terungkap melalui upaya yang ditempuh pakar telematika Roy Suryo. Ia berhasil membongkar misteri lagu berjudul Tinggal Kenangan untuk kali pertama melalui kecanggihan teknologi.

Roy menyelidiki rekaman video saat Abe membawakan lagu Tinggal Kenangan di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dipanegara, Makassar, Sulawesi Selatan. Vokalis Sang Dipa itu ada di sebuah acara yang berlangsung 11 Juli 2005. Abe adalah rekan Pay, yang kini membentuk band Caramel. “Seratus persen bisa saya jamin dia adalah penyanyinya (Abe),” ucap Roy di Yogyakarta, Jawa Tengah.
Baca selanjutnya…

“Asal Usul Lagu Jauh”:Case Closed

Juni 10, 2008 29 komentar

Akhirnya Misteri dibalik lagu Jauh yang (katanya) dinyanyikan oleh Ega terungkap sudah, Apa yang ramai blogger dan netter perbincangkan selama ini tentang sosok Ega alias Geby alias Angel itu jauh dari kebenaran. Ternyata lagu ini adalah lagu sebuah band yang asalnya dari Makassar, sudah diulas lengkap di Blog KU yang lain Mari kita hentikan penyebaran hoax dan semacamnya, masih banyak hal yang harus kita pikirkan selain masalah gak penting kayak ini. Ingat lah, BBM naik, Sejumlah BUMN yang mau dijual ke asing, dan masalah besar lainnya di depan mata kita. Jadi untuk sementara, berhentilah bermimpi dan berandai-andai…..

Kategori:HIBURAN Tag:, , , , , ,

Istilah “gaul” Makassar

Mei 5, 2008 19 komentar

Ini ada beberapa istilah gaul Makassar, ada yang mau tambahkan..?

1. matemija!
matemija! kalo diartiken harfiah agak susah karena bisa berarti macem-macem.. tapi kurang lebih senarnya adalah ungkapan kaget, terperanjat, teringat sesuatu, atau bisa juga sebagai ungkapan sopan tapi nyindir…
kalo matemija saja lebih ke ekspresi kaget
contoh:
matemija! bagaimana tawwa kejadiannya? = kaget
matemija! bisa na di’? = terperanjat
matemija! lupaka jempu’ki anu… = lupa terus teringat sesuatu
matemija! datangmi bos ka. nasessa ngaseng maki seng! = sopan tapi nyindir…
matemija! = diamput! matek aku! halah!

2. nagigimakie
ini ungkapan lucu yang mungkin berasal dari maen gigit-gigitan antar teman di jaman dulu tapi artinya sekarang telah berubah lebih ke arah sindiran tapi buat lucu2an antar teman yang lebih jago ato lebih dari dirinya…..
contoh:
tawwa, jagona mamo komputer……nagigimakie!

3. apaji!
ini kurang lebih artinya apa dong! (inget ya, pake tanda seru jadi bukan kata tanya). tapi seperti ungkapan makassar laennya, bisa juga dipake dalam kondisi macem2…, misalnya dipake sebagai ungkapan kekecawaan karena berharap sesuatu tapi nda jadi
contoh:
apaji! lama sekali ko kutunggu!
apaji! ko bilang mo bawakankan cendol….
aaapaji! (diucapkan agak panjang ‘a’ nya) sa kira tommi ko mo kasika…ko janjika’ kemarin, ces…

4. ndataukdeh!
gak taulah! emang gw pikirin! (diungkapkan dengan mimik cuek dan agak cemberut karena merasa terganggu ato dengan tampang sok bloon males menjelaskan…)

5. maju gondronk!
dulu, jaman 80-90an banyak orang gondrong (bukan cuman mahasiswa saja) dan anggapan orang kalo gondrong berarti rewa/berani ki jadi muncul istilah majuko gondrong! (…mungkin piti’ piti’ ja, tolo’…)
biasanya juga istilah ini dipakai untuk memprovokasi orang yang lagi berkelahi ato demo karena dia sendiri nda berani maju ke depan…

6. apa be’ itu ?
apa bede’ itu? sudah jelas…

7. sallangku di’…..
sallangku = salam ; sallangku di’ = salam ku nah…
‘punna nuciniki agangku, kana mami sallangku di’ = kalo ketemu ma temenku, titip salam ya…

8. janlaloko kocci’2ka dari belakang……, jatu wibawayya….
artine: plis deh, jangan towel2 gw dari belakang, ‘ntar jatuh dong wibawa gw!

Baca selanjutnya…

Kategori:INFO Tag:, ,