Archive

Archive for the ‘linux’ Category

Sejarah Susunan Keyboard (Qwerty)

Desember 22, 2008 17 komentar

Diantara kalian pasti pernah bertanya dong, kenapa sih susunan huruf/ angka/ tanda-tanda keyboard komputer yang dipakai secara umum sekarang ini (QWERTY) dibuat dengan sususan begitu acaknya? Mungkin juga ada yang berpikir mungkin susunan ini adalah susunan paling efisien yang bisa digunakan dalam mengetik?
QWERTY VS DVORAK
Well.. kalau kalian merasa itu jawabannya, maka kalian sudah salah. Sebaliknya, susunan keyboard yang dipakai umum sekarang ini (QWERTY) sebenarnya adalah salah satu susunan yang paling tidak efisien yang ditujukan agar kita-kita dapat mengetik dengan lebih lambat. Nah lho?? Nih.. Saya coba jelaskan sekarang..
Baca selanjutnya…

Hanya dengan sebuah gambar….

Desember 7, 2008 9 komentar

rhakateza birthday

Happy Birthday to myself…..

Kategori:HIBURAN, I THINK, linux Tag:,

Si cantik Fedora beranak 10 melahirkan lagi

November 28, 2008 1 komentar

Bagi pemburu barang baru, nih info terbaru yang sayang kalau dilewatkan. Buang jauh-jauh pikiran anda, kalo barang baru itu mesti dikonotasikan dengan koleksi bokep 3gp terbaru atau foto syur artis, atau yang datang jauh-jauh mau baca postingan ini mengira barang baru itu video anaknya Sophia Latjuba, atau video kepsek SMP yang ngebokep bareng pegawai diknas siap siap lah kecewa.

Adalah Fedora berversi 10, yang kelahirannya dinanti oleh banyak pemburu linu, baru di release kemarin. Berikut ulasannya :


Gambar: Tampilan F10 versi awal (sumber: gnuman.com)

Penambahan perkakasan sekuriti ‘sectool’ bersama F10 akan menyederhanakan dan memudahkan admin dalam mengkonfigurasi dan melakukan uji pengamanan sistim. Sectool yang dibangun modular memungkinkan penambahan fitur baru lebih mudah. Dengan demikian nantinya berbagai topologi jaringan yang tidak umum juga dapat ditangani.  Baca selanjutnya…

Kategori:linux Tag:, ,

Generasi Blankon Terbaru yang bernama Lontara

April 30, 2008 6 komentar

Sebuah pencapaian terbaru dari para pendekar Blankon yang memperjuangkan OS yang Indonesiawi kini telah direlease. Setelah sukses dengan versi Blankon sebelumnya, versi ini dijanjikan akan menjawab tuntutan user yang menginginkan kemudahan dalam mengoperasikan OS selain windos yang selama ini terbilang sulit ketika kita harus berhadapan dengan linux untuk pertama kali. Selain antarmuka yang berbahasa indonesia, paket-paket yang disediakan didalamnya lumayan komplet, user tidak perlu mengupdate atau menginstal beberapa codec standar seperti paket multimedia untuk mendengar musik dan memutar video.

Generasi terbaru itu diberi nama lontara, saya kurang tahu bagaimana latar belakang nama itu secara filosofis tapi yang saya tahu bahwa lontara adalah manuskrip tulisan kuno yang biasa dijumpai di daerah Sulawesi Selatan yang terbuat dari bahan daun lontar dan sekarang hanya bisa ditemui di museum-museum di seluruh dunia. Beberapa epos besar dalam sejarah peradaban umat manusia seperti epos I La Galigo dan beberapa catatan kerajaan Gowa Tallo. Walau sayangnya lontara hanya menjadi konsumsi segelintir orang saja, kurang dikenal luas, dan cenderung menjadi pajangan museum dibanding dipublikasi dan disebar ke masyarakat.

Sayang sekali saya belum berhasil mendapatkan skrinsut dari versi teraru ini, tapi kayaknya tidak jauh beda dari versi sebelumnya atau keluaran Ubuntu terbaru. Semoga Blankon 3.0 Lontara yang baru direlease tidak bernasib sama seperti lontara-lontara yang ada di Makassar dan beberapa tempat di Indonesia…..

download Blankon 3.0 lontara
Kategori:INFO, linux Tag: