Archive

Archive for the ‘Rawa Mbojo’ Category

Tradisi Pako Tana Dalam Budaya Nggu’da Doro Masyarakat Bima-NTB

Desember 27, 2011 4 komentar

Kontur dan topografi Bima yang mayoritas berupa bukit dan gunung membuat masyarakatnya terbiasa bertani secara tradisional dengan melakukan ngoho (aktifitas bertani dengan membuka lahan di hutan/gunung) pada setiap musim penghujan. Pola pertanian Ngoho ini secara turun temurun dilakukan meskipun secara peraturan pemerintah ada larangan untuk membuka lahan pertanian di hutan. Walaupun sudah banyak masyarakat Bima yang melakukan pertanian menetap di sawah atau kebun permanen, pada daerah-daerah tertentu Ngoho terkadang dilakukan secara berpindah-pindah dari satu gunung ke gunung lainnya setiap tahun. Dalam melaksanakan Ngoho ini, masyarakat agraris Bima mengenal budaya pako tana sebagai panduan umum mereka mulai dari mempersiapkan lahan dan mengelola pertanian sampai masa panen.

rawa Mbojo dalam pako tana

Secara harafiah Pako Tana adalah sebuah istilah yang berarti Memanen (pako) dan Menanan (tana) dalam bahasa Mbojo/Bima.  Lebih dari itu dalam aktivitas sehari-hari Dou Mbojo (orang Bima, red) memaknai pako tana sebagai sebuah sistem tradisional pengerahan tenaga kerja dalam bidang pertanian yang dilakukan dengan prinsip kekeluargaan dan gotong royong. Dalam sistem ini sebuah pekerjaan pertanian yang membutuhkan banyak tenaga manusia seperti nggu’da (menanam), hui (menyiangi), dan pako (memanen) akan lebih mudah untuk dilaksanakan karena prinsip gotong royong dan kekeluargaan itu diaplikasikan dalam istilah weha rima (penggunaan tenaga orang lain untuk mengerjakan pekerjaan pertanian) dan ‘bali rima (membantu pekerjaan orang lain sebagai balas jasa karena telah melakukan weha rima).

Dalam video dibawah ini tampak suasana pada musim tanam, dimana puluhan orang petani yang mayoritas ibu-ibu melakukan nggu’da doro (penanaman) pada salah satu oma (ladang). Baca selanjutnya…

Rawa Mbojo Cambe Angi

September 15, 2011 8 komentar

Salah satu lagu daerah Bima yang legendaris menurut saya adalah lagu “Cambe Angi”. Lagu lawas yang dipopulerken pada awal tahun 1990-an ini begitu nikmat didengarkan. Syairnya sederhana, berisikan patu cambe angi (pantun berbalas) antara lelaki dan perempuan yang terpisah karena salah satunya menuntut ilmu di tempat yang jauh.  Lagu ini sangat pas untuk didengarkan ketika kita jauh dari kampung halaman (Bima), setidaknya kalau anda punya selera musik yang sama dengan saya. kwkwkwkw

Berikut liriknya:

mu lao si loja weli wa’a pu arloji
mu laosi sakola, ngguda wi’ipu  kalo….
kone ngeri di poku wara kalo di pokeku
ngahaku sabua raka aiu kabae…

foto ra wi’i nahu ma ponte wa’ana
foto ra peta tau wi’ipu dei peti
rongga si samada nangi dodo tio  kamidi
kone da pehe samonto ncau pahuna

do’o sa nonto kaceimu dengga nuntu
do’o mpoa rewo campo nggahi ra rawi

Sama sampela, sama made mpuli
indo pila kali eda ra’a ma kala
(2x)

intro Baca selanjutnya…

Video Dari Makassar, Abe dan Pentas Sang Dipa

Juli 17, 2008 42 komentar

Kontroversi lagu jauh (Tinggal kenangan) mencapai babak baru, setelah masing-masing pihak yang mengklaim hak cipta lagu itu merelease album, sebuah bukti dihadirkan ke publik. Adalah sebuah video yang berasal dari Makassar yang bercerita tentang sebuah kegiatan seni mahasiswa salah satu kampus di Makassar. Kampus yang dikenal sebagai STMIK Dipanegara Makassar pernah mengadakan sebuah acara pergelaran seni mahasiswa pada pertengahan 2005 (11 juli 2005), yang diadakan oleh Sanggar Seni STMIK Dipanegara (Sang Dipa) yang dalam salah satu pentas menampikan Abe dalam debut pertamanya didepan publik menyanyikan lagu Jauh (Tinggal Kenangan). Abe menyanyikan lagu ciptaan pay itu dengan sedikit improvisasi liriknya.

Rekaman pendek itu sedikit banyak bercerita tentang bagaimana wajah pelantun lagu itu dan bagaimana kondisi disaat pementasan. Tentunya kehadiran video ini juga mematahkan beberapa argumen orang-orang atau band yang mengklaim dirinya sebagai pencipta atau penyanyi lagu yang sama.
Dalam tayangan Silet pada hari ini 17 Juli 2008, saya berkesempatan melihat cuplikan video itu dari layar televisi. Roy suryo “Sang pakar” mambedah video dari sisi kepakarannya, mendaulat Caramel Makassar sebagai pihak yang paling masuk akal untuk disebut sebagai pemegang hak cipta atas lagu yang diklaim juga oleh sebuah band dari Surabaya itu.

Bagi yang belum dengar lagunya, hehehe…. hari geneh gak tau info, nih DONLOT DISINI atau klik DISINI untuk melihat donlotan yang lain.
Sekedar “Cuplikan dari Ada Gosip” SCTV:

Judul : Roy Suryo Mengungkap Keaslian Lagu Tinggal Kenangan
Episode : Global
Tayang : Rabu, 16 Juli 2008

SAAT ini muncul titik terang perihal keaslian lagu Gaby. Fakta itu terungkap melalui upaya yang ditempuh pakar telematika Roy Suryo. Ia berhasil membongkar misteri lagu berjudul Tinggal Kenangan untuk kali pertama melalui kecanggihan teknologi.

Roy menyelidiki rekaman video saat Abe membawakan lagu Tinggal Kenangan di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dipanegara, Makassar, Sulawesi Selatan. Vokalis Sang Dipa itu ada di sebuah acara yang berlangsung 11 Juli 2005. Abe adalah rekan Pay, yang kini membentuk band Caramel. “Seratus persen bisa saya jamin dia adalah penyanyinya (Abe),” ucap Roy di Yogyakarta, Jawa Tengah.
Baca selanjutnya…

Rawa Mbojo (Lagu daerah Bima) part 2 (terupdate)

Maret 21, 2008 112 komentar

Heheh…. setelah beberapa lama tidak posting lagu, akhirnya kesampean juga keinginan saya mengupload lagu. Kali ini saya ingin membayar utang saya pada rekan-rekan pecinta rawa Mbojo, yang dalam postingan lagu pertama saya, saya pernah berjanji membagi koleksi di hardisk saya. Rencananya sih, dari dulu saya mau upload, tapi apalah daya, bandwith internet saya gak sanggup kalo upload mp3. Jadi untuk menguploadnya saya harus ke warnet, sekaligus refreshing karenacapek, ngenet dikamar, hihiiihihihi…….. Rencananya juga saya mau upload 3 album, yaitu AAN Saputra, Albumnya Kapenta wadu, dan terakhir, satu album lagi lagu campuran. Tapi ternyata gak kesampean juga soalnya dengan satu file mp3 berukuran rata rata 4 MB, 3 album saya rasa mustahil…. jadi, link link lagu dibawah ini merupakan pilihan pribadi saya yang sempat di upload, heheh…..

AAN S -Rimpu Colo Cili.MP3 File 4.81 MB
AAN S –Darmaga Mbojo.MP3 File 3.6 MB
AAN S –Mori di Rasa Dou_2.MP3 File 4.46 MB
AAN S –Mori Kese.MP3 File 4.46 MB

Album campuran:

Lopi Penge.mp3 File 5.1 MB
HAJU JATI.mp3 File 820.92 KB
kambali mbojo mantoi.wma File 2.33 MB
lamba rasa.MP3 File 8.61 MB
Lingi Ade.MP3 File 6.96 MB

Yup, itu saja dulu untuk kesempatan ini…. Postingan link lagu sebelumnya (mbojo klasik) bisa didapatkan disini. makasih atas commentnya

11/07/2008: Tambahan Upload sebuah lagu yang baru didapat, judulnya gak tau, alirannya R&B, plesetan dari lagunya Virus Cinta nya Dewi Dewi. Ada Juga mp3 Hamdan ATT yang judulnya Intan (ana Ibu Dija) 😀

Check This Out:

BONGGE-AJUS..AJUS..AJUS.rar 2.64 MB Download Ta Ake

HamdanATT-Intan.rar 2.64 MB Download Ta Ake

UPDATE 2 November 2009

http://www.ziddu.com/download/7178094/lainadanee.MP3.html

http://www.ziddu.com/download/7178095/LOJANGGENGGE.mp3.html

http://www.ziddu.com/download/7178096/Mbojo_aLan.mp3.html

http://www.ziddu.com/download/7178097/e…aule.mp3.html

http://www.ziddu.com/download/7178098/MbojoSerokanari.mp3.html

http://www.ziddu.com/download/7178099/EAule.mp3.html

http://www.ziddu.com/download/7178100/LEWIMORI.mp3.html

http://www.ziddu.com/download/7178101/Mbojo-WADUPAA.mp3.html

http://www.ziddu.com/download/7178102/MALINGI.mp3.html

http://www.ziddu.com/download/7178103/Mbojo_5akeMusaWuRa.mp3.html

Upload file Rawa Mbojo anda di:

Rawa Mbojo (Lagu daerah Bima) part 3 (Klasik) klik disini

Rawa Mbojo (Lagu daerah Bima)

Januari 27, 2008 201 komentar

Menyebarkan Lagu, atau segala kreasi cipta orang tanpa meminta izin atau lisensi dari yang berhak, saya sadari sebagai sebuah pembajakan hak cipta. Tapi banyak orang yang membutuhkan lagu-lagu daerah untuk bernostalgia, mengingat kenangan dan nuansa daerah sendiri, sekaligus memperkenalkan heritage daerah Bima keseluruk pelosok dunia. Semoga niat saya dapat diamaklumi dan bermanfaat bagi kita semua.

Kumpulan lagu daerah bima yang ingin saya bagi pada semua saudaraku pecinta Rawa Mbojo sebenarnya banyak, tapi pada kesempatan ini, biarlah satu album dulu. Lainnya menyusul. Ingat, Link dibawah ini valid setidaknya sampai 3 bulan sejak tanggal penulisan, kalaupun nanti expired atau semacamnya, saya akan update lagi linknya.

klik disini untuk Lokasi Download Lagu Bima Yang Baru!

Upload file Rawa Mbojo anda di: