Beranda > Pantai, Save Bima Coral > Resume Kegiatan Group CLBK 4 Agustus 2012 (Pesisir Kolo Kota Bima)

Resume Kegiatan Group CLBK 4 Agustus 2012 (Pesisir Kolo Kota Bima)

Kronologis Singkat Perjalanan Team

Tanggal 4 agustus 2012, team Cinta Laut Bima Kita (CLBK) berinisiasi untuk mengadakan sebuah kegiatan yang insyallah bermanfaat besar bagi lingkungan laut, masyarakat pesisir dan pemerintah nantinya. kegiatan tersebut adalah kegiatan transplantasi karang, atau biasa disebut budidaya karang yang dilakukan manusia untuk memberikan intervensi terhadap kondisi lingkungannya.

Team CLBK menunggu teman-teman yang lain sebelum memulai perjalanan

Sesuai dengan tujuan inisiasi yang disampaikan admin group CLBK (Arif), bahwa kawan-kawan yang ingin berpartisipasi dan bergabung dalam kegiatan tersebut diharapkan bisa ikut serta dalam survei lokasi, dengan lokasi berkumpul (gathering point) di Museum Asi Mbojo pada pukul 14:00 wita, dan tempat survei yang dituju adalah kecamatan kolo, kota bima. Tepat jam 13.45 kawan-kawan kumpul dan berangkat dan ada juga yang menyusul kemudian. Asiknya, proses perkenalan sesama anggota survei lokasi dilakukan pertama kali di gathering point, di perjalanan dan selama kegiatan berlangsung. Secara latar belakang, anggota team survei berasal dari berbagai golongan. Ada peserta yang sudah menikah, bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil, wartawan, penggiat sosial dan ada pula yang masih berstatus mahasiswa. Dengan keragaman warna dalam team, jelas menunjukkan bahwa laut itu memiliki tempat di hati siapa saja.

Perjalan menuju kolo kami tempuh 1:30 jam. Sebelumnya team survey lokasi singgah di posko KKNP Mahasiswa UGM, untuk berkoordinasi singkat dan bertukar informasi mengenai beberapa spot yang layak untuk dikunjungi. Kami pun sempat bercerita singkat berkaitan dengan kegiatan dan mereka juga membagi pengalaman snorkeling dan diving di berbagai spot dive di sekitar kawasan Kolo.

Dalam perjalanan ini kami membawa serta 5 set Alat Selam dasar, yang terdiri dari masker, snorkel, dan beberapa pasang fin (sepatu katak). Dari hasil temu dengan mahasiswa UGM di posko KKN mereka, kami mendapatkan tambahan alat sebanyak dua unit yang sangat membantu team di lokasi.

Gambaran Umum Lokasi Survey

gambaran umum lokasi saat surut

Lokasi survei adalah So Sanumbe, sebuah daerah teluk yang memiliki vegetasi tumbuhan pantai berupa pohon , pasir putih,dan bersubtrat pasir dan patahan karang mati. Kedalaman mencapai 3-7 meter dan memiliki gobahan bawah laut yang menjadi luapan pasir yang dibawa oleh ombak dan arus bawah laut. Sesuai dengan hasil pemantau team coral dengan metode RRA (Rural Rapid Assesment), tutupan karang hidup mencapai 30% yang diwakili oleh karang keras (hard Coral ) dengan bentuk pertubuhan, Acropra Brenching, Masive, tabulate dan Foliose, Karang Mati 40%, Pasir 20% dan 20 % lainnya terdiri dari softcoral (karang lunak) yang diwakili oleh lobophilia Sp.

Kondisi Oseografi

Team hanya memantau diwaktu sore hari, padahal untuk mengataui kondisi osfis diperlukan 139 jam dengan tujuan  untuk mengetahui pola pasang surut dan tipe gelombang yang ada di lokasi survei. Karena kebutuhan itu tak mungkin dilaksanakan maka team survey mengamati langsung, dalam waktu beberapa menit. Ditemukan tipe pasang surutnya yaitu satu kali pasang dan satu kali surut dan ombak tak begitu besar. Artinya kondisi ini memang sesuai dengan lokasi yang akan dijadikan tempat transplantasi karang, yaitu daerah teluk semi tertutup.

Rencana tindak Lanjut

Berdasarkan hasil survey awal yang dilakukan Team terhadap kondisi di titik pengamatan (pantai Sanumbe), maka kami memberikan beberapa rekomendasi yang akan di-follow up dengan mata kegiatan sebagai berikut:

  1. Program transplantasi karang untuk konservasi lingkungan laut So Sanumbe
  2. Melakukan survei serupa di titik-titik (pantai) lainnya di Kota dan Kabupaten bima
  3. Menginisiasi terbentuknya lembaga formal/semi-formal untuk mendukung terselenggaranya kegiatan yang dimaksud.

Update kegiatan akan kami kabarkan secepatnya…

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

 

 

  1. Agustus 22, 2012 pukul 4:47 pm

    Sangat informatif,, terima kasih..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: