Beranda > web/blog > Membangun Situs Berita Lokal Bercitarasa Internasional

Membangun Situs Berita Lokal Bercitarasa Internasional

Setelah sekian lama saya tidak menulis disini, postingan ini harusnya menjadi ‘sesuatu’ yang harus dirayakan. Dalam blog sederhana ini sebenarnya begitu banyak yang ingin saya tulis, mulai dari kemana saja saya pergi, atau anak ayam saya yang mati kemarin sore. Sungguhpun ingin saya aktif menulis seperti dulu, namun apalah daya rutinitas saya belakangan ini cukup menyita waktu dan pikiran. Maafkan saya, pembaca…

Sebenarnya saya tetap menulis, walaupun dengan kemasan dan tempat menulis yang lain. 25 hari yang lalu saya dan beberapa orang teman bersepakat untuk membuat sebuah website berita. Media online yang bernama “KAHABA” ini merupakan hasil inisiatif saya, cobe, dan beberapa rekan yang lain yang se-ide mengenai eksisnya sebuah situs berita lokal yang bercitarasa internasional. Ibaratnya sop ikan palumara, tetapi dihidangkan di restoran cepat saji, begitu yang kerap saya bilang.

Kahaba.info "Kabar Harian Bima"

Dengan sumberdaya yang ada kami memulai sebuah langkah kecil, namun terencana. Saat itu kami mulai menyusun konsep awal mengenai apa dan bagaimana kami memulai aktivitas jurnalistik gaya baru ini, termasuk pemilihan nama media yang sedikit fenomenal, -setidaknya menurut saya.

Kata “KAHABA” itu sendiri memiliki sejarah penemuan nama yang menarik, dalam momen kumpul-kumpul kebo itu setiap orang mencoba mengusulkan beberapa nama yang akan diusung menjadi brand media, termasuk Mbojo News, Kabar Bima, Bima News, Fajar Bima, bahkan yang lebih ekstreem lagi si me’e mengusulkan nama gamugaca.com. KAHABA saya usulkan karena merupakan singkatan dari Kabar Harian Bima, lebih dari itu kata kahaba sendiri merupakan sebuah kata kerja dalam bahasa Bima yang berarti mengabarkan atau menyampaikan kabar. Jadi perkara nama deal, tinggal dibungkus. :p

Ide awal yang bergulir sejak bulan puasa lalu itu sedikit lambat dieksekusi, saya sendiri terlalu lama menghitung-hitung prospek bisnis dan keberlangsungan media ini kedepan. Bukan perkara mudah untuk menjalankan sebuah usaha yang profitable sehingga bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dimana asap dari dapur dan asap dari mulut harus senantiasa mengepul. Rupanya aktivitas hitung-menghitung itu tidak boleh terlalu lama dilakukan, karena selain menyita waktu juga menyita spirit awal untuk memulai usaha. Membuat media informasi bukan hanya bicara untung dan rugi, tetapi juga berkaitan dengan idealisme dan niatan untuk menyampaikan sebuah kebenaran yang ukurannya tak bisa dinilai dengan uang.

Akhirnya project ini tuntas dieksekusi pada tanggal 20 Maret, ditandai dengan postingan berita pertama KAHABA.INFO walau pada saat itu masih versi Beta. Finalisasi tampilan dan konsep rampung pada tanggal 30 Maret 2012 ditandai dengan publikasi offline pertama media ini pada salah satu even musik lokal cafee Yuank Kota Bima. Saat itu penyanyi pop lokal melaunching albumnya, dan Kahaba “meminjam” salah satu space display dalam kegiatan itu. Walaupun sudah beberapa minggu dari momen launching, proses publikasi dan sosialisasi brand Kahaba sebagai sebuah Media Online di Kota Bima senantiasa dilakukan. Melalui jejaring sosial, Kahaba menggunakan facebook page sebagai basic penggalangan pembaca. Selain facebook, media twitter juga terus dikembangkan walaupun hasilnya masih belum maksimal.

Tentunya, proses publikasi dan penanaman brand media pada benak prospek calon pembaca tidak hanya digiatkan melalui promosi saja. Jauh dari itu, tampilan website secara umum harus menunjukkan profesionalitas dan menyisipkan identitas media seperti yang diharapkan. Kualitas konten berita sebagai interest anchor pengunjung situs juga harus terus ditingkatkan. Kami dengan team yang sebagian merupakan awak media kawakan level Bima, memiliki misi menjadi garda terdepan dalam menghadirkan informasi-informasi terbaru mengenai daerah. Bahkan, dengan sumberdaya kami yang terbatas secara jumlah, tingkat akurasi dan kecepatan menyampaikan sebuah berita begitu bersaing dengan media lain, bahkan sekaliber media nasional sekalipun.

Terlalu singkat waktu untuk mengukur semua itu, namun dengan sepenuh rasa optimis saya, kita lihat saja nanti bagaimana ini kan berjalan….

Kategori:web/blog Tag:
  1. Juli 18, 2012 pukul 9:48 pm

    selamat atas launching situsnya, isi dan layoutnya memiliki citarasa yg cukup “keren”. saya juga bangga ternyata ada generasi muda bima yg concern utk meng-expose dana mbojo agar lebih dikenal luas lagi. congratz🙂

    • Juli 19, 2012 pukul 11:23 am

      Terimakasih, salam kenal dari kami. Dou Mbojo juga yah?

  2. Rosianto
    April 9, 2014 pukul 11:43 pm

    Terima kasih banyak Aky Ternyata Angka jitu hasil Ritual KI JAYA Yang saya minta ternyata Tembus SINGAPUR 4D SENIN 7 APRIL 2014 DENGAN ANGKA 2111 Puji TUHAN SAYA mendapatkan kemenangan 550 juta. Sampai-sampai saya mengeluarkan Air mata, SAYA sangat terharu, bahagia dan bersyukur kpd TUHAN Yang Maha Esa. Skrng SAYA sudah memiliki modal untk buka usaha sendiri dan sdh membeli Rumah dan yg paling utama SAYA tdk Terlilit Utang lagi sewaktu SAYA menjadi pegawai pabrik. Jgn pikirkan lagi, langsung hub “KI JAYA” Di (((085-321-606-847_))) Terimakasih banyak Aky Semoga TUHAN membalas kebaikan Anda

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

