Beranda > KJS, TRAVELLER > Sanggarista, Here we Come! ~ Roadshow Pendidikan Tinggi 2012 (2)

Sanggarista, Here we Come! ~ Roadshow Pendidikan Tinggi 2012 (2)

So far, perjalanan Kota-Bima menuju Sanggar terbilang lancar tanpa hambatan. Kekhawatiran mobil bergincu dihadang oleh demonstran di jalan jauh dari kenyataan. Satu-satunya alasan kami berhenti di jalan adalah karena salah satu anggota team ternyata Jack Pot (mabuk perjalanan –red) cukup parah. Pertama kami harus berhenti di Desa O’o Dompu dan yang kedua kali terpaksa harus berhenti lagi di tengah ladang jagung Desa Lanci, singgah di kedua tempat ini tidak disia-siakan oleh team untuk sekedar beristirahat sejenak sambil foto-foto narsis.

Kami memasuki desa Kore Kec. Sanggar pada pukul 19.00 dan finish di kediaman Pak Enco Sukarsa, Wakasek SMAN 1 Sanggar. Di rumah Pak Enco sudah menunggu sebagian Team yang datang dari Tambora sejak sore hari (Bagus, Beryl, Sally, dan Habib) dan beberapa adik-adik OSIS yang akan menjadi co-fasilitator yang akan banyak membatu pelaksanaan kegiatan esok hari. Malam hari itu diisi dengan breafing Team dengan co-fasil serta memenuhi jamuan dari tuan rumah.  makan-makan besar.

Malam itu ternyata jamuan makan-makan besarJ tidak hanya di rumah Pak Enco, di rumah Pak Edi yang menjadi basecamp Team cowok kembali kami disuguhi bebek bakar yang sungguh menggugah selera. Walhasil anak-anak pun tidur dengan full tankkwkwkw. Saya sendiri masih memiliki tugas menyelesaikan editing video profil motivasi yang akan diputar secara perdana esok pagi, jadi praktis waktu istirahat dipergunakan untuk begadang di depan netbook sampai saya tepar pada pukul 4.45 subuh.

Waktu menunjukkan hampir pukul enam pagi, ketika saya terbangun karena team yang lain ternyata sudah siap dengan kostum dan perlengkapannya untuk ke sekolah. Waktu satu setengah jam cukuplah bagi saya untuk me-recharge energi dan langsung beranjak ke kamar mandi. Eh, ternyata hidangan makan pagi sudah siap di ruangan tengah, terpaksa jadwal mandi diulur sampai saya sarapan bersama tuan rumah dan anggota team yang lain. Good Morning Sanggar, Are you ready to Rock???

Perhelatan perdana Roadshow di SMAN 1 Sanggar ini dilangsungkan di lapangan basket sekolah. Sebuah terop sudah berdiri dengan panggung utama yang ternyata dilengkapi dengan seperangkat organ. Secara sepintas kita seperti sedang berada di tengah acara dangdutan sebuah hajatan kawinan, tarik maaaang!!!!

Acara pembukaan  terasa normal sampai kami menyadari ternyata listrik mati ditengah sambutan Bapak Kepala UPT. Di belahan barat Kabupaten bima belakangan ini sedang fakir listrik, konon dalam sehari mati listrik melebihi jadwal minum obat, “bisa 4 atau bisa juga 8 kali sehari” kata salah seorang guru di SMAN 1 Tambora. Karena kegiatan yang sangat bergantung pada supply listrik, para guru akhirnya berhasil menyiapkan sebuah genset yang menjadi penyambung nyawa acara. Sebenarnya miris melihat sekolah yang berdiri di depan kantor PLN cabang Sanggar ini mati lampu, tapi mau gimana lagi… Ini Indonesia Bung!!!

Jalannya kegiatan hampir sesuai dengan planning Team, adapun kendala-kendala teknis sang terjadi di lapangan tidak banyak berpengaruh pada esensi kegiatan yang akan dilangsungkan di delapan SMU ini. Para guru memiliki peranan besar sehingga acara ini bisa terlaksana. Berkat bantuan para pengajar inilah, persiapan fisik di lokasi acara terasa ringan dikerjakan oleh Team. Kehadiran co-fasil yang direkrut dari para anggota OSIS juga dirasakan sangat membantu, setiap seorang fasilitator dibantu oleh dua co-fasil. Para peserta yang terdiri dari siswa/siswi kelas 3 sangat antusias mengikuti setiap sesi, mulai dari pembukaan oleh kepala sekolah, KCD Dikpar, ketua panitia, serta sesi perkenalan program dan panitia. Untuk efektifitas kegiatan peserta dibagi dalam beberapa kelompok yang terdiri dari masing-masing 20 siswa untuk satu orang fasilitator dan dua co-fasil.

Slideshow kegiatan:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Menjawab permasalahan umum yang dialami siswa/i SMA mengenai kelanjutan pendidikan tinggi, Roadshow hadir dengan konten utama acara Tes Minat dan Bakat, Informasi Perguruan Tinggi dan jalur Beasiswa, Permainan untuk melatih Pembuatan Keputusan, dan pemberian motivasi yang mengerucut pada satu keinginan spesifik, disebut Visioning Statement, mewajibkan para siswa menuliskan apa keinginan dan langkah konkritnya berkaitan dengan pemilihan jurusan setelah SMA. Acara berlangsung seru, dinding harapan pun terisi dengan deretan cita-cita dan tekad memilih jurusan yang lebih variatif, untuk membangun Bima. Para Kepala Sekolah dan guru  mendukung penuh acara ini dan berharap format serupa akan dijadikan acara tahunan, sebagai upaya perluasan cakrawala siswa/i SMA.

Kegiatan berakhir pada pukul 11.00, dan menjelang adzan Jum’at Team dan guru-guru beranjak ke Masjid Agung Sanggar untuk menunaikan kewajiban sebagai seorang muslim. Seusai Jum’atan Team Kembali ke basecamp untuk sesi makan siang dan persiapan keberangkatan ke Kecamatan Tambora untuk menggelar kegiatan yang sama di SMAN 1 Tambora.

Bersambung ke episode 3: Menapaki Lingkar Utara Tambora ~ catatan Roadshow Pendidikan Tinggi 2012 (3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: