Beranda > KJS, TRAVELLER > Bima Membara ~ catatan Roadshow Pendidikan Tinggi 2012 (1)

Bima Membara ~ catatan Roadshow Pendidikan Tinggi 2012 (1)

Siang itu Bima bergejolak, pada perjalananku dari Mabes KJS menuju rumah untuk mempersiapkan keberangkatan perdana Team menuju sekolah pertama yang akan diselenggarakan kegiatan Roadshow dari jauh terlihat asap kelabu mengepul dikejauhan. Posisiku waktu itu adalah perempatan kantor pos (lama) sekitar wilayah Tolomundu. Melihat asap tebal berwarna kelabu itu, di benakku langsung terpikir sesuatu yang buruk telah terjadi di Kantor Pemkab Bima.

Dugaanku tidak salah, semakin dekat ke rumah semakin nyata pula asap tebal tanda kebakaran besar itu berasal dari sebuah kompleks perkantoran Pemkab yang lazim disebut sebagai Kantor Bupati akibat dari untuk rasa hebat demonstran anti tambang Kecamatan Lambu yang beberapa bulan terakhir ini selalu menghiasi pemberitaan media nasional.

 Saat itu jam menunjukkan waktu pukul dua, tepat satu jam sebelum waktu yang disepakati oleh Team Roadshow Pendidikan Tinggi 2012 untuk berkumpul kembali di Mabes dan siap memulai perjalanan ke Kecamatan Sanggar. Sekitar lima belas menit saya habiskan waktu untuk mengabadikan kejadian kebakaran kantor bupati itu dari sebuah bukit dekat rumah bersama puluhan orang lainnya. Sebuah momen langka yang tak boleh dilewatkan, pikirku. Bagaimanapun areal kantor penguasa Kabupaten Bima itu pernah menjadi tempat bermainku sewaktu kecil, dan aku harus menyaksikan detik-detik terakhir kemegahan bangunan yang didirikan dari uang hasil jerih payah dan keringat rakyat itu.

Sesampaiku di rumah ternyata tidak ada seorangpun disana, Ayah dan Ibu ternyata sudah berada di sekitar kantor Bupati untuk menonton kebakaran dari dekat. Pada waktu itu massa aksi sudah beranjak dari lokasi menuju arah Raba (LP Raba Kota Bima) meninggalkan gedung yang sedang membara dan polisi yang sibuk mengamankan area dari masyarakat yang berduyun-duyun datang menonton. Listrik ternyata juga tidak menyala, padahal ada beberapa file video motivasi yang menjadi materi Roadshow masih tersimpan di harddisk PC ku. Terpaksa kukemasi barang dan menelpon ayah untuk mengantarkan aku kembali ke Mabes. Tidak lupa kutelpon anggota team yang lain sekedar mengabarkan kondisi terakhir di pusat pemerintahan dan memastikan keberangkatan team berkaitan dengan ekses terkini yang terjadi.

 Setelah kejelasan keberangkatan kuperoleh dan ayah siap mengantarku langsung kami menuju Mabes. Sesampainya disana telah menunggu sebuah mobil Kijang kapsul yang sudah dimuati oleh barang-barang perlengkapan Roadshow dan tas/ransel anggota Team. Setelah driver menghitung jumlah anggota team yang berangkat dari Bima dan Team yang terlebih dahulu standbye di Sanggar rupanya satu mobil tidak cukup untuk melanjutkan perjalanan dari Sanggar menuju Tambora (setelah dari sanggar kami melanjutkan kegiatan di SMAN 1 Tambora pada hari berikutnya).  Keberangkatan sempat molor sampai satu jam untuk menunggu anggota lain dan tambahan mobil yang digunakan.

Karena alasan yang sudah bisa diduga sebelumnya (guess what?) Team dibagi dalam dua kloter berdasarkan jenis kelamin dan tingkat kegantengan, Di mobil pertama terdiri dari para srikandi Team Roadshow, yaitu: Yanti, Nurhaidah, Mutia, dan Lita dengan pilot Mr. Dani, di mobil kedua dipenuhi para bujang lapuk Roadshow Pendidikan Tinggi 2012, yaitu: saya, Jim dan Yoga dengan pilot Mr. Dedi yang “katanya” selalu merdeka karena asap lokomotif senantiasa mengepul dari ruang kemudi.  Sempat ada perasaan was-was kurasakan melihat dua mobil yang akan berangkat masih menggunakan plat gincu, tapi kekhawatiran sirna setelah rombongan melewati jalan negara menuju Dompu tanpa ada satupun hambatan di jalan. Alhamdulillah…

Lanjut ke catatan Roadshow Pendidikan Tinggi 2012 (episode 2) yuk!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: