Beranda > INFO, Teknologi > Sorry yah Mr. PENIPU VIA SMS, perasaan saya masih Jomblo

Sorry yah Mr. PENIPU VIA SMS, perasaan saya masih Jomblo

Ponselku bergetar dengan ringtone khas yang menandakan ada SMS yang baru masuk. Semuanya seperti biasa, buka inbox dan membaca, sampai tiba-tiba sesuatu yang berbeda tertulis dalam teks SMS yang berasal dari nomor kontak yang belum tersimpan dalam memori hape ku:

“sayang beli’in duLu pulsa 10rb, di nmr ini, 082191285937, nanti aq yg tlpn km, ini aq pke hp tmen, skrg yacc!”

Seperti detik waktu berputar lambat, cuaca yang terik tiba-tiba berganti menjadi winter dengan butiran salju pink berguguran ke tanah, dan entah bagaimana bebatuan disini menjadi kuntum-kuntum bunga tulip yang bermekaran, sampai aku tersadar… Visualisasi salah satu scene dalam dorama Jepang itu palsu belaka. Aku masih Jomblo….

Sekali lagi, party is over. Saya langsung teringat modus-modus penipuan via SMS yang marak beredar akhir-akhir ini, dan sepertinya ini salah satu modus terbaru pencurian pulsa. Informasi yang saya baca, modus penipuan semakin berkembang dengan pesatnya dan korban yang berjatuhan semakin banyak.  SMS sayang-sayangan tengik seperti SMS diatas adalah salah satu contoh hasil akal bulus gorgom penipu.

Source: tipsh4re.blogspot.com

Berdasarkan trend SMS nyasar/dari pengirim tak dikenal yang terindikasi sebagai metode penipuan, beberapa contoh SMS yang harus kita waspadai adalah:

  1. Sms minta pulsa, sms transfer ke rekening tertentu
    Ini sdh ber-evolusi menjadi : sms masuk dgn kalimat : hi ini siapa ya ? Atau sms minta nama dan alamat seolah mau kirim undangan nikah, Yg membuat orang iseng sms balik utk tanya balik dan dgn otomatis akan register content (2000 rb/sms) setiap hari kena potong.
  2. Sms nawarin e-ticket pesawat dgn harga murah:
    jika kita terjebak, mereka akan tanya nama, umur, tujuan dan data detail, mereka akan book sesuai permintaan dan dia akan minta kita check sendiri ke maskapai utk menyakinkan nama kita sdh ter-booked di salah satu penerbangan, setelah kita check dan memang benar sdh ter-booked, mereka akan minta kita bayar, setelah bayar maka mereka akan langsung cancel ke maskapai yg sdh kita book, dan akhirnya kita tdk akan dapat ticket tsb.
  3. Sms penawaran hp atau electronic murah :
    sama modus nya, begitu kita reply sms nya kita akan otomatis ter-register content dan akan terpotong 2 rb/ sms setiap hari kena potong.
  4. Pura-pura telepon salah sambung dan missed call:
    mereka akan sms minta maaf bahwa sudah salah telepon, kalo kita iseng ladenin sms bilang gak apa², maka otomatis akan ter-register content lagi yg kena 2 rb/ sms setiap hari kena potong
  5. SMS menawarkan menjadi agen pulsa murah
    Biasanya penipu berlagak seperti mesin penjawab otomatis ala software bandar pulsa. Biasanya korban disuruh deposit saldo via ATM tetapi pulsa tidak pernah diberikan.
  6. SMS lainnya (gaya lama)
    Yang paling legend adalah SMS mama minta pulsa dan SMS pemberitahuan bahwa kita memenangkan doorprizes program yang sesungguhnya tidak pernah kita ikuti.

Beragam jurus penipu diatas harusnya membuat kita semakin aware dengan beragam SMS yang masuk dari nomor tak dikenal. Tak jarang penipu menguras habis pulsa kita dengan SMS premium setiap hari tanpa bisa kita UNREG, bahkan banyak kasus korban tertipu sehingga saldo tabungan di Bank melayang. Faktanya banyak keluhan pengguna operator selular harus berkali-kali mengganti SIM Card karena terjebak oleh penipuan SMS premium yang tidak bisa di UNREG. Modus penipuan diatas bisa jadi juga membuat penerima menjadi paranoid dengan SMS/Telepon dari nomor-nomor baru, takutnya SMS yang kita percaya kebenarannya ternyata penipu atau sebaliknya.

Sekedar tips bagi yang sudah berpasangan, jika mendapatkan sms seperti ini jangan langsung percaya untuk mengirimkan pulsa karena bahaya lain (bagi saya sih gak berbahaya :)) dari SMS sayang-sayangan palsu tidak mustahil membuat anda cekcok dengan pasangan anda.  Selidiki dulu nomor HP yang anda ingin kirimkan pulsa itu apakah nomor pasangannya atau bukan. Teliti lagi gaya ber-sms nya (bagi yang sudah lama berpasangan, pasti tau lah gaya ber sms pasangannya), kalau saya pribadi 100% tidak akan percaya dengan SMS seperti itu. Pertama seperti alasan saya diatas (masih jomblo) dan kedua kalaupun saya berpasangan tidak bakalan saya mencari pacar yang gaya SMS nya kayak alay gitu, kwkwkw. Kalaupun dari gaya penulisan SMS meyakinkan, jangan ragu untuk konfirmasi ke nomor pasangan anda yang sebenarnya (takutnya kalau si Do’i ternyata memang sedang membutuhkan pulsa).

Lebih dari itu, untuk pengelola regulasi komunikasi seluler (BRT) agar bisa menertibkan operator nakal yang melegalkan kegiatan ilegal ini. Menurut saya mustahil pihak operator seluler tidak tahu menahu terhadap pihak-pihak tak bertanggung jawab yang menyewa service nomor premium untuk menyedot pulsa konsumen dengan cara yang tidak etis. Dan untuk penipu tengik, segeralah anda bertobat!

  1. enyk
    Februari 17, 2012 pukul 5:30 pm

    Modus baru bujang lapuk jaman sekarang: posting sesuatu sambil menjajakan kejombloannya….
    Anda memang tidak akan rugi, tapi siapa tau ada yg masih jomblo dan berminat atau sekalian beramal, mencari palaha dengan menyenangkan hati seseorang. boleh dicoba!!

  2. jtxmisc
    Juni 12, 2015 pukul 4:22 am

    artikel menarik , Afra

  1. Agustus 14, 2014 pukul 2:24 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: