Beranda > Oprexz, TUTORIAL/HOW TO > Network Sniffing, bahaya lain public hotspot selain NETCUT

Network Sniffing, bahaya lain public hotspot selain NETCUT

Murah, Meriah, Mencret. Itulah tiga kata yang saya gunakan untuk menggambarkan kondisi kita mengakses internet melalui public hotspot seperti di kantor, kampus, sekolah, kantin atau di warung kopi yang menjamur belakangan ini. Murah, karena dengan harga yang terjangkau bahkan juga gratis kita bisa berselancar di dunia maya sepuasnya. Meriah, karena suasana yang asyik bersama netter lainnya atau dimanjakan dengan kopi dan minuman hangat di warung kopi ketika kita ngenet malam-malam. Mencret, hehehhe… ini adalah yang paling harus kita hindari di Public Hotspot. Bukan dalam makna sebenarnya, tapi mencret dalam artian ancaman dan dampak negatif dalam segi keamanan jaringan ketika kita ngenet dari sebuah jaringan yang terbuka dan rawan tangan-tangan jahil.

Netcut,  sebuah aplikasi jahat pemutus koneksi kadang menjadi biang kerok kedongkolan netter (lihat postingan sebelumnya) sangat lah mengganggu. Tapi lebih dari itu, Sebuah program sniffer merupakan pengganggu yang tidak kita rasakan ketika kita mengakses internet tetapi dampaknya pada data-data yang seharusnya menjadi rahasia kita tetapi bisa tersadap oleh pengguna program sniffers. Yah, Sniffing adalah sebuah aktifitas menyadap data-data yang orang lain kirim atau terima dalam sebuah jaringan. Data-data itu bisa saja berupa data user name dan password facebook, email, atau password login sebuah situs. Bisa juga data-data krusial mengenai kartu kredit, rekening, atau email, yang kita kirim/terima, bahkan pesan chat kita di YM, Gchat, MIRC, dll bisa dibaca oleh pihak ketiga yang tidak berkepentingan. Program sniffer yang paling sering digunakan untuk sistem operasi jendela adalah Cain & Abel dan Wireshark (atau ethreal di keluarga pinguin :mrgreen:)

Belakangan ini, ketika aktivitas Game Online seperti Zynga Texas Holdem Poker membuat banyak orang kecanduan dan banyak dari mereka mencari cara instan mendapatkan chips maka serangan sniffer program di Kota Makassar khususnya semakin meningkat dengan drastis. Dari beberapa kafe yang pernah saya singgahi, banyak “mencret” nya… hehehe…. Dengan metode protektif standar yang saya aplikasikan di notebook seperti melihat daftar ARP, ping ke beberapa host yang mencurigakan serta menginstal aplikasi anti sniffing dari Microsoft yang bernama Promqry 1.0, terlihat IP saya banyak dijejali dengan serangan Sniffer (serangan Netcut juga tentunya).

Saya tidak pernah memaksakan diri untuk berlama-lama mengakses internet dari tempat yang rawan seperti itu. Aktifitas login urung saya lakukan dan segera beralih ke tempat (kafe internet) lainnya yang dirasakan lebih aman. Jangan pernah bahayakan diri anda dengan login pada jaringan yang rawan. Itu saja pesan saya.

  1. Januari 21, 2010 pukul 4:11 pm

    Wah heker. Semangi.

  2. Januari 30, 2010 pukul 5:17 am
  3. Februari 7, 2010 pukul 8:15 pm

    artikel yang sangat bermanfaat.. mengingat 5 hari yang lalu account FB saya di bobol dengan kerugian hilang nya chip pokker zynga saya sebanyak 300M.. sial bener mas

    mas kalo tidak keberatan pasang link saya di blog mas ya..
    link mas sudah saya pasang di blog saya silakan di cek http://klikalfon.info/tukar-link

  4. Februari 17, 2010 pukul 1:53 pm

    wah 300M ga sedikit tuh.. kenapa ga bagi sama saya dulu sih.. xixixixi..

    makasih infonya mas..

    visit my blog… fazriesoft.blogspot

  5. April 4, 2010 pukul 3:59 pm

    ouwwh bahaya juga ya

  6. Squall
    November 26, 2010 pukul 7:25 am

    kalo anti sniffing di linux ada gak ?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

