Beranda > I THINK, INFO > sebuah buku untuk perubahan

sebuah buku untuk perubahan

Meneruskan ikhtiar sobat karib saya, akan kegelisahannya dan keinginannya merubah nasib generasi muda di kampung halaman, maka saya forward imel ini:

Selamat!!!

Anda terpilih utk ikut berpartisipasi dlm memberikan sedikit bantuan dlm rangka mewujudkan salah satu Program Pembangunan Nasional.

Terinspirasi oleh buku “Leaving Microsoft to Change The World” yg bercerita ttg seorang John Wood yg nota bene adalah salah seorang eksekutif di Microsft yg sedang dlm masa2 promosi dlm karirnya di perusahaan tersebut,yg kemudian memutuskan utk meninggalkan karirnya yg sedang menanjak tersebut utk memfokuskan diri dlm upayanya utk memperbaiki kehidupan sosialnya yg ‘terrampas’ oleh kesibukannya di Microsoft.

Gagasan utk memperbaiki kehidupan sosialnya tersebut,yg dia lakukan dgn berusaha terlibat dlm kegiatan social, secara tdk sengaja terlintas dlm pikirannya ketika dia mengadakan perjalanan utk menaklukkan Puncak Everest dlm salah satu cuti yg dia ambil.

Dlm perjalanannya tersebut, dia sangat prihatin melihat kondisi sekolah yg ada di Nepal, tepatnya di Bukit Kathmandu. Sekolah yg sangat terbatas terutama keterbatasan fasilitas Belajar-Mengajar serta perpustakaan yg hanya memiliki 1 (satu) buah buku yg tdk pantas utk anak2 di bawah umur,yg merupakan peninggalan salah seorang turis yg pernah datang ke sana. Hal ini sangat membuat miris hatinya saat itu, dan dia pun bertekad dan berjanji untuk kembali ke sana dgn membawa ribuan buku bagi sekolah2 tersebut. Dan dia pun dpt mewujudkan tekadnya tersebut dgn cara yg sangat sederhana menurut saya.
Dgn gagasan yg diambil oleh John Wood tersebut, saya merasa terpanggil utk mewujudkan hal serupa di Bima.

Bima adalah salah satu daerah yg ada di Provinsi NTB, yg sekarang sedang menggeliat utk dpt menatap dunia walaupun baru sebuah awal dari daerah yg baru lahir.
Kondisi di Bima memang tdk separah yg ada di Nepal,namun perpustakaan yg ada di Bima hanya ada di lembaga pendidikan formal.

Melihat kondisi ini,timbul pertanyaan dlm kepala sy “bagaimana cara bagi masyarakat umum atau bagi generasi muda yg memiliki keterbatasan utk melanjutkan pendidikan lebih tinggi???sedangkan mereka tdk memiliki kepentingan atau acces ke perpustakaan2 tersebut???”
Sebenarnya masih banyak pertanyaan yg akan muncul dgn melihat kondisi tersebut,tapi menurut saya pertanyaan tersebut sudah dpt mewakili apa yg menjadi tujuan saya sebagaimana yg dilakukan oleh seorang John Wood.

Melalui email ini saya sangat mengharapkan bantuan anda utk ikut berpartisipasi dlm mewujudkan niat saya utk membangun perpustakaan yg saya maksud tersebut. Seandainya anda berkenan utk membantu, saya harap anda dpt melakukan tiga hal berikut :

1. Saya sangat berharap anda dapat mengikhlaskan salah satu (klo ada lebih dari 1 saya akan sangat berterima kasih sekali atas niat baik anda) buku atau literatur apa pun yg anda miliki,yg sekiranya akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas utk menambah pengetahuan dan wawasan. Anda dapat mengirimkan buku tersebut ke alamat :
Iskandar Zulkarnain, S.STP d/a : Jl. Mawar No. 32 RT. 10/04 Kelurahan Sarae Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima Kode Pos 84117

confirm at: library4bima@ymail.com / hp: 085220951915

2. Saya sangat berharap anda dpt meneruskan email ini ke semua kontak yg anda miliki, dengan harapan teman-teman anda juga meminat untuk membantu mewujudkan cita2 saya tersebut. Mungkin kenalan anda tersebut memiliki beberapa buku yg sudah tdk dibutuhkan lagi atau mungkin dgn niat yg tulus juga berniat utk menyumbang beberapa buku yg mereka miliki.

3. Saya juga berharap anda bisa menyelipkan beberapa rupiah yg anda miliki ke dalam paket buku yg anda kirimkan, utk digunakan dlm pembelian buku yg sekiranya masih dibutuhkan serta utk pembangunan bangunan perpustakaan.

Tolong dipikirkan semangat,kreatifitas, dan rasa lapar generasi muda dan masyarakat akan wawasan dan pengetahuan utk membangun kecerdasan intelektual mereka.Mintalah teman2 anda utk terlibat!Kita semua ingin membuat perbedaan dlm hidup. Inilah ksmptn utk dpt berbuat bagi bangsa ini, walaupun dgn cara yg mungkin tampak kecil bagi anda, namun akan sangat berarti bagi orang2 yg sangat membutuhkan.

Pesan beraroma spammy diatas, kerap mendatangi message box friendster dan forum-forum alumni ku, namun saya jamin itu bukan spam. Seorang Iskandar Zulkarnain, pernah berkeluh kesah pada teman-teman alumni SMA ketika kerap kumpul-kumpul waktu liburan lebaran kemarin. Jebolan Institut pencetak pamong negara yang kini duduk di birokrasi pemerintahan kota Bima ini punya hasrat pribadi untuk mengangkat taraf pendidikan masyarakat di tempat dia berada. Perpustakaan swadaya lah, jalan yang dia tempuh. Tentunya dengan banyak hambatan dan kesulitan yang menanti di depannya, terutama untuk menghadirkan koleksi bahan bacaan bermutu untuk mengisi rak-rak perpus nya.
Walau saya belum sempat membantu dengan buku, namun semoga tulisan ini bisa menggugah anda sekalian untuk membantu mewujudkan cita-cita teman karib saya, hitung hitung beramal jariyah…
Kategori:I THINK, INFO Tag:, , ,
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

