Beranda > HIBURAN, INFO, Rawa Mbojo > Video Dari Makassar, Abe dan Pentas Sang Dipa

Video Dari Makassar, Abe dan Pentas Sang Dipa

Kontroversi lagu jauh (Tinggal kenangan) mencapai babak baru, setelah masing-masing pihak yang mengklaim hak cipta lagu itu merelease album, sebuah bukti dihadirkan ke publik. Adalah sebuah video yang berasal dari Makassar yang bercerita tentang sebuah kegiatan seni mahasiswa salah satu kampus di Makassar. Kampus yang dikenal sebagai STMIK Dipanegara Makassar pernah mengadakan sebuah acara pergelaran seni mahasiswa pada pertengahan 2005 (11 juli 2005), yang diadakan oleh Sanggar Seni STMIK Dipanegara (Sang Dipa) yang dalam salah satu pentas menampikan Abe dalam debut pertamanya didepan publik menyanyikan lagu Jauh (Tinggal Kenangan). Abe menyanyikan lagu ciptaan pay itu dengan sedikit improvisasi liriknya.

Rekaman pendek itu sedikit banyak bercerita tentang bagaimana wajah pelantun lagu itu dan bagaimana kondisi disaat pementasan. Tentunya kehadiran video ini juga mematahkan beberapa argumen orang-orang atau band yang mengklaim dirinya sebagai pencipta atau penyanyi lagu yang sama.
Dalam tayangan Silet pada hari ini 17 Juli 2008, saya berkesempatan melihat cuplikan video itu dari layar televisi. Roy suryo “Sang pakar” mambedah video dari sisi kepakarannya, mendaulat Caramel Makassar sebagai pihak yang paling masuk akal untuk disebut sebagai pemegang hak cipta atas lagu yang diklaim juga oleh sebuah band dari Surabaya itu.

Bagi yang belum dengar lagunya, hehehe…. hari geneh gak tau info, nih DONLOT DISINI atau klik DISINI untuk melihat donlotan yang lain.
Sekedar “Cuplikan dari Ada Gosip” SCTV:

Judul : Roy Suryo Mengungkap Keaslian Lagu Tinggal Kenangan
Episode : Global
Tayang : Rabu, 16 Juli 2008

SAAT ini muncul titik terang perihal keaslian lagu Gaby. Fakta itu terungkap melalui upaya yang ditempuh pakar telematika Roy Suryo. Ia berhasil membongkar misteri lagu berjudul Tinggal Kenangan untuk kali pertama melalui kecanggihan teknologi.

Roy menyelidiki rekaman video saat Abe membawakan lagu Tinggal Kenangan di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Dipanegara, Makassar, Sulawesi Selatan. Vokalis Sang Dipa itu ada di sebuah acara yang berlangsung 11 Juli 2005. Abe adalah rekan Pay, yang kini membentuk band Caramel. “Seratus persen bisa saya jamin dia adalah penyanyinya (Abe),” ucap Roy di Yogyakarta, Jawa Tengah.

Menurut Roy, rekaman video Gaby berdurasi dua menit yang beredar di internet bukan asli. Rekaman itu cuma penggalan video di acara yang digelar di STMIK Dipanegara. “Diremix sampai 4 menit dan ada pengulangan refrain-nya. Peristiwa itu berlangsung 11 Juli 2005,” tutur pria kelahiran Yogyakarta, 18 Juli 1968. Acara itu bertajuk Enam Tahun Sang Dipa (Sanggar Dipanegara).

Tinggal Kenangan sempat diakui sejumlah penyanyi di beberapa daerah. Masing-masing mengklaim sebagai pencipta lagu itu. Bahkan sosok Gaby yang kematiannya dikenal misterius tampil di muka umum. Wanita asal Bekasi, Jawa Barat itu bercerita kisah asmaranya yang kandas. Ia bilang, sepulang sang pacar main ke rumahnya tiba-tiba mengalami kecelakaan. “Pulangnya ada insiden. Di tol Bekasi, Pondok Gede,” kata dara berambut panjang itu.

Molly, gadis kelahiran Medan, Sumatra Utara juga angkat bicara. Ia mengklaim lagu Tinggal Kenangan adalah ciptaannya. Molly sempat kesal. Menyusul lagu yang dibuat tahun 2007 itu dikaitkan dengan peristiwa bunuh diri. Namun dara bertubuh ramping ini tak mau ambil pusing. “Buat apa. Lagian banyak yang mengaku. Nanti disangka kita mencuri sebuah ketenaran,” ujar dia.

Terkait persoalan ini Molly dan teman-temannya datang ke Jakarta. Bukan untuk mendapatkan hak cipta. Namun dia hanya ingin yang merekam video mengungkap fakta ini. “Supaya dia juga bisa berani ngomong di depan publik siapa yang menyanyikan dan siapa yang menciptakan lagu. Karena cuma dia satu-satunya kunci yang tahu semua misteri ini,” kata Molly. Ia bahkan bersedia suara di lagu itu disamakan dengan suaranya.

Kejadian ini direspons beragam sejumlah musisi dan pengamat musik. Benarkah ada skenario kebohongan yang sengaja dirancang buat mendongkrak popularitas band baru? Ataukah cuma mencari sensasi? Menurut Yovie Widianto, semua ini adalah ulah beberapa pelaku industri musik. “Kami sih melihat ini industri saja,” kata Yovie.

Beda dengan penilaian Denie Sakri, pengamat musik. Ia mempertanyakan dua lagu yang sama bisa diciptakan dua orang berbeda. “Itu nggak mungkin. Salah satunya pasti pembohong,” tutur Denie.

Tapi akankah Kontroversi berakhir??? Mudah mudahan saja, sejumlah Band lain walau dari ekspresinya kaget dan gagap saat diwawancarai, masih bersekukuh bahwa ini adalah lagu mereka. Kita tunggu saja…..
(behhh… padahal dulu sy sudah bilang berenti ngebahas masalah ini, tapi sepertinya ini makin ,menarik saja)

  1. Juli 17, 2008 pukul 2:40 pm

    saya heran, banyak sekali yang ngaku lagu itu sebagai miliknya.
    selama ini pada ke mana aja?

  2. Juli 17, 2008 pukul 2:48 pm

    @itik kecil: iya yah, kok video ini baru diedarkan, menunggu gosipnya membesar dan akhirnya keluar antitesa yang menyangkal semua pernyataan orang yang mengaku pemilik lagu itu.
    “Strategi yang jitu untuk brand marketing”

  3. Juli 17, 2008 pukul 3:56 pm

    Mungkin Abenya sedang menunggu pembuktian dari Roy Suryo, kan ga lucu dia tiba2 muncul tanpa bukti, tapi dia cuma ngebuktiin kalo itu suaranya ko kalo penciptanya menurut dia Pai asal Caramel Makassar.. hehe lucu lihat tampang2 orang yang mengaku2 menciptakan lagu itu tadi di SILET

  4. Juli 17, 2008 pukul 6:16 pm

    yah gitu dong.. heran caramel di surabaya juga ngaku2… ah.. pembohong semuanya, sy yakin pay koq penciptanya…
    harus disebar luaskan beritanya ini.

  5. Juli 17, 2008 pukul 6:41 pm

    jaNgaN nuDing dunKZz pemBoHong…
    Liat aJa keLanJutaN kaSus iNi..
    gw yaKin Lagu ini yg cipTakaN aNak MAKASSAR..sehuBungaN gw naK MAKASSAR..ehehheheheheheh…
    EWAKO ANAK MAKASSAR

  6. Juli 17, 2008 pukul 10:07 pm

    wah rame ya blog yang bahas ini..malam ini blogwalking ini postingan ke 3 yang aku jumpai🙂

  7. Juli 17, 2008 pukul 10:19 pm

    anehhhh yaaaaa masa iya sehhhhh fakta maslh pencipta lagu aja bisa di ungkap melalui telematika,,,,,saya yakin penciptanya itu ada dinia suci lestari walupun saya belom kenal sehhhh tapi saya yakinnnnn anehhhh yaaa roy suryo itu menrtang2 pakar telematika aja saok bagt sehh klo mmbenar tu asli kenapa barudi munculin sekarang coba apa mksudnyaaa kenapa ga dari kemarin2 aja
    khn aneh bgt tauuuuuuuuuuu
    orang bisa aja buat tgl dan bulan dan tahun merakam acara itu sehhhhh cuma aneh aja kenapa vidio kayak gitu di sebarkn di internet
    duhhhh kayk film aja makin rumir dan seruuuu
    tapi untuk pencil band cayoooooooooooo
    tunjukan klo kalian tidak takut yaaa dan kalian mm benar

  8. wartel
    Juli 17, 2008 pukul 11:33 pm

    waduh,lha wong udah susah-susah cari makan.lagu bukan ciptaannya kokya diembat juga,kasian yang aslinya mas-mas&mbak-mbak.ingatya jangan pernah mengaku yang bukan milik kita…”DOSA BESAR” semoga mereka yang mengaku ngaku diampuni dosa-dosanya….Amin..amin..amin

  9. Juli 18, 2008 pukul 2:50 pm

    wah…. masalahnya udh nyangkut royalti kali yah… jadi pada rebutan gini. hati nurani hilang semua.

  10. Juli 18, 2008 pukul 4:18 pm

    roy suryo dah ngumumin dan mastiin, kenapa enggak dibuat vidio klip lagunya dan dibikinin album dan ditayangin di tv sekaligus si abe buat album baru …

  11. irwan
    Juli 18, 2008 pukul 4:32 pm

    sudahlah, kt harus ngaku pake bukti, dan itu sdh dibuktikan oleh abe lewat rekaman aslinya tahun 2005. Sebelumnya kan jg mama lorens da ramal kl penyanyinya ini masih hidup dan tomboy. Jadi bukti ilmiah dan non ilmiah dah ada.

    Ramalan Oma Lorens kalau gak salah da tambahannya, selain tomboy, gaby juga ada diluar negeri. Nah, kalo Abe, boro² diluar negeri, dia 15 km diluar Makassar, mengurusi ortunya yang sakit. Setelah Ortu agak baekan, dia mulai unjuk bicara dan ke Jakarta untuk klarifikasi isu. Setidaknya begitu harian di sini berkata.
    Adapun RS, tak lebih hanya figuran saja. Tanpa dia pun video sudah bisa berbicara. TApi RS dipilih karena memiliki kedekatan dengan media infotainment, secara dia kan langganan infotainment membongkar keaslian foto porno

  12. rianto
    Juli 18, 2008 pukul 6:03 pm

    mestinya siapa yang nyiptain lagu itu harus bangga, coz lagunya banyak yang berminat sampee jadi rebutan gtu….klo di lihat dari segi suara dan logat, aq seh percaya klo anak makassar itu penyanyi aslinya………..

  13. Juli 18, 2008 pukul 6:06 pm

    biar lebih akurat datanya harus banyak

  14. Juli 19, 2008 pukul 8:31 am

    Hanya Ada Di Indonesia 😆

  15. Juli 19, 2008 pukul 10:40 am

    Fufufu
    aneh ya bro…
    Yang penting harus dijelasin juga tuh lagu aslinya sapa.
    Dah terlanjur heboh

    Kalau udah ketauan penyanyi aslinya, penciptanya udah bisa ditebak…

  16. alid abdul
    Juli 19, 2008 pukul 12:21 pm

    Gaby terus ampe mampus

  17. Juli 20, 2008 pukul 3:06 am

    kami dari mahasiswa Sekolah tinggi pertanahan Jogja angkatan 12 asal sulawesi.

    memberikan dukungan serta doa…….
    pada caramel makassar..
    memang tawwa punya nya caramel makassar itu bela,,,
    perasaan kami dengar lagu itu sudah lami mi…tahun 2005

    tapi ada tong orang iri ki bela,,
    jadi mengaku dia yang buat..

    ewako makassar
    paENTENGI SIRI’NU

    SATU MAKASSAR SEMUA MENDOAKAN MU

    Yoi, sante mo!!! ndak lari kemana ji itu lagu ces….😀

  18. Juli 20, 2008 pukul 6:01 am

    kkkkk
    bnr2 strategi pemasaran yg jitu
    salut deh😀

    aduh deh, pakarnya mbok ya jgn roy suryo to… yg bnr2 pakar aja deh masi byk kok…

    pdhl lagu biasa2 aja bs jd luar biasa, mantapz!

    Siapapun pakarnya, kalo menurut sy video itu sudah bisa bicara banyak. Hanya saja KMPRT RS dipilih karena kedekatan nya sama media, sehingga apa yang disampaikan langsung jadi top news, seperti foto² bugil yang biasa sang pakar analisa

  19. accida
    Juli 20, 2008 pukul 7:33 am

    Ass….abe penyanyinya,, siapa penciptanya..pay kah …abe,, hanya engkau saksi satu satunya…dari mana lagu itu di dapat.

    Abe memberikan kesaksian, bahwa lagu itu diciptakan oleh Pay, dan dia menyanyikan dengan merubah beberapa bagian dalam liriknya. Untuk itu dia meminta maaf.

  20. Juli 20, 2008 pukul 11:25 pm

    abe? abecedeefgehaije, hehehe😛

    eh mas reza, bukan KMPRT tp KMRT
    KMPRT apaan? kampret? kkkk
    .
    .
    .
    *kabur, takut dtimpuk penggemar KRMT RS yg pakar…. -pakar apa sih? –😛

  21. kipoel
    Juli 21, 2008 pukul 12:33 am

    DASAR ORANG SURABAYA BESI JEMBATAN AJA DI RAMPOK APALAGI LAGU ORANG BUKTINYA UDAH JELAS SECARA TELEMATIKA UDAH NGAKU AJA LHO NYANYIIN PAI (CARAMEL MAKASSAR) DAPAT ROYALTI UDAH HABIS PERKARA SAMA SAMA UNTUNG, ATAU TUNGGU AKU YANG NYANYIIN

  22. Juli 21, 2008 pukul 12:35 am

    eeehhhh buat yang ngaku-ngaku punya lagu hati-hati man
    dosaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…………….

    dari sesepuh sangdipa
    karaeng coto

  23. Juli 21, 2008 pukul 10:26 am

    duh……….knp ru keluar skrg ci abe, coz q senang bangggeeeeeeeeeeettttzzzz dgr suaranya abe….tu lagu jg suka kudengar soalnya pas q ditinggalin cwoku hiks3… ya lgunya dalam gitu.padahal dibalikpapn udah lama banget lgunya.knp baru skarg ini ng_trenddddddddddddd

  24. Juli 21, 2008 pukul 11:42 am

    @Asri: Gitu yah, kirain KMPRT, soalnya banyak orang kasih gelarnya gitu. Beliau tuh, pakar metadata dan cropping analysis, 68% orang mengakui beliau hebat membuktikan rekayasa foto/video porn. Pokoknya salut deh…. heheh
    @kIPOEL: Mau denger, kipoel nyanyi……😀
    @KarCo : Coto’na dua mangkuk Daeng…!!!! tamba-tambai lombo’na…..
    @Evi : Dalem yah…..

    Kenapa baru keluar sekarang, dari beberapa sumber yang saya tau, Pay Cs baru tau info lagu ini digosipkan seperti itu pada beberapa bulan belakangan ini lewat infotainment. Isyunya di makassar mengenai penyanyi yang meninggal itu sejak awal 2006 (akhir) tapi gak segencar pemberitaan sekarang, so cuman dianggap angin lalu saja. Sedangkan Abe, katanya beberapa bulan terakhir dia berada di daerah luar kota Makassar, soalnya bokapnya sedang sakit. Setelah bokap sembuh, dia berinisiatis mengklarifikasi bersama pay ke jakarta.

  25. Juli 21, 2008 pukul 1:50 pm

    dengerin lagunya…………. nananananananan

  26. DEWO91
    Juli 21, 2008 pukul 2:56 pm

    SORRY GW SIH NETRAL AJA… MAKASARLAH YG PUNYA LAGU INI…UDAH DEH GAK USAH DIBAHAS..GW DAPAT KABAR SECARA DIAM2 .. CARAMEL SURABAYA UDAH MINTA MAAF SAMA CARAMEL MAKASAR KRN UDAH NGAKU2 SAMA LAGU INI.. KOMPENSASINYA CARAMEL MAKASAR DAPAT ROYALTI DAN FEE DARI PENJUALAN ALBUM CARAMEL SURABAYA.. KRN KALO GAK NGASIH ROYALTI CARAMEL SURABAYA BAKAL DITUNTUT DIMEJA HIJAU ALIAS DIHUKUM MAKSIMAL 5 THN PENJARA DAN DENDA MINIMAL 500 JT.

    AND SO BWT CARAMEL SUROBOYO LW JANGAN MALU2IN DONG.. NGAKU2 LAGU ORANG. MALU DONG SAMA MUSISI2 BANDUNG YG GAK ADA MAU NGAKU2 LAGU ORANG… !!

  27. Juli 21, 2008 pukul 9:16 pm

    sbenernya jauh itu lagu siapa?

  28. Juli 22, 2008 pukul 12:13 am

    adesa sayang lagu jauh itu punya anak sangdipa
    STMIK makassar

  29. Intaen niez
    Juli 23, 2008 pukul 8:33 am

    Crtanya kok makin rumit aja ya . . .aduch2 jadi pucing nich

  30. bellamy
    Juli 23, 2008 pukul 11:37 am

    anak SMA sekalipun bisa bikin lagu seperti itu, malah mungkin lebih baik
    kenapa tidak mereka balas saja dengan karya yang lebih bagus.

  31. Juli 24, 2008 pukul 9:28 am

    Rame yah diskusinya…..kalau lagunya ga ngetop pada banyak yg ngaku2 juga ga yah? salam kenal dari Aussie😀

  32. Juli 24, 2008 pukul 9:45 am

    akhirnya! yg ngaku2 itu skrg malu dong ya..
    lebih2 yg nama band nya sama.. beuh! heran deh, koq slalu mo nya instant aja tanpa berkeringat meniti karr..
    gemes bgt wkt liat mereka pk sumpah2 nyebut nama tuhan wkt ngakuin lagu itu..

    eh, kl pemilik aslinya band caramel makasar, itu berarti yg vokalisnya yg berjilbab ya? ato bukan ya? ga inget, keburu bingung.. tp bukan nya band caramel dg vokalis TANPA jilbab udah mematenkan lagu ‘jauh’ itu sbg milik mereka..? yg TANPA jilbab carame surabaya ya kalo ga salah..?
    jd gimana tuh, pemilik asli caramel makasar, yg daftarin hak paten caramel surabaya..
    ah, ga tau ah..

    Yup, yang berjilbab itu vokalis karamel makassar, tapi dia bukan yang menyanyikan lagu yang jadi kontroversi itu. Penyanyinya Abe, seorang cewek yang meminjam lagu itu dari Caramel, dan tanpa disadari ada yang merekam lagu itu dan meledaklah dia dipasaran duarrrrr Yang berjilbab kalo gak salah namanya Riri.

    Wah, Mbak ngikuti gosipnya yah????

  33. indra marpaung
    Juli 24, 2008 pukul 12:54 pm

    indonesia bangetttt…….

  34. Friends
    Juli 24, 2008 pukul 12:56 pm

    PENYANYI AMA PENCIPTA LAGU BERBEDA TUH
    YG NYANYIIN LAGU BELUM TENTU PENCIPTANYA
    BISA AJA PENYANYI LAGU PESAN BUATIN LAGU SAMA PENCIPTA LAGU

  35. Juli 25, 2008 pukul 1:24 am

    iyah, mksdnya yg nyanyi si abe itu kan, tmnnya anak band caramel makassar

    kan dah pd tw, lagunya biasa aja, yg bkin booming ya gosipnya😀

    eh mas reza, org2 jg kasi gelarnya KRMT kaliii, mas reza aja yg slh tls jd KMPRT😛
    haiah, sy jd ikut2an slh tls jd KMRT, yg bnr KRMT (Kanjeng Raden Mas Tumenggung) bgitu ktnya😛
    http://id-gmail.info/wiki/index.php/KRMT
    baca deh dan pasti ngakak😛
    68% data d frenster itu palsu, yg ngehack itu mereka (blogger) haiah
    jgn2 mas reza nih, hayo ngaku😛
    kan emg spesialis penganalisa foto p****o artis dia, bs aja ya nemu foto aslinya, bnr2… kekna d HD dia byk tuh
    *ups*

    hahahaha, mlh ngomongn si pakar
    btw, blog mas reza pengunjungnya byk
    *ngiri mode ON*

    wah, gitu yah… ternyata saia memang salah kutip. Saya kira KMPRT itu memang gelarnya mas roi surio, soalnya banyak blog yang nulisnya begitu jadi saia asal kutip saja. saya gak tau banyak tentang Sang Pakar, kecuali beliau fenomenal mungkin seperti lagu gaby kali yah???

    Pengunjung Blog disini gak banyak² amat kok, sifatnya insidentil, tergantung kita lagi bahas isu apa. Kalo ngebahasnya foto bokep dari Sang Pakar, dijamin visitor bisa lebih banyak lagi.
    *Hi Roy!*

  36. Juli 25, 2008 pukul 10:20 am

    :))
    dblg, yg lain jg nulisnya KRMT kok bukan KMPRT…😛
    habis sang pakar sk show up sih, jd tw deh asri *plus pgn ngancurn tipi klo pas ada dy*

    wkkk
    pinter2nya cr topik bwt dbahas brarti yak
    tp blog mas d alexa prgktnya lmyn tinggi loh, jauh bgt klo ma pny asr😀
    btw, Hi Roy-nya pk TM jd gini
    Hi Roy!™😀

    Jangan salah loh, gitu² banyak cewek ngefans abis ama kumis tuh Mas

  37. Juli 27, 2008 pukul 1:16 pm

    Glek…
    Masa sih?
    Pdhl gw dah yakin banget kalo penciptanya tuh band asal bandung.

    Arggh!
    Kesel!!!

    sante aja mas. gak usah terbawa es mosi, hehe

  38. rakadewa
    Juli 28, 2008 pukul 11:38 am

    INFO PENTING…!!!
    SAYA HARAP SEMUANYA JANGAN BILANG BILANG YA…..SEBENARNYA LAGU ITU ADALAH CIPTAAN SAYA…..BENER YA….JANGAN BILANG SIAPA-SIAPA……SAYA NGGAK MAU TERKENAL……

    Tenang aja mas, saya gak akan bilang siapa² kalo itu lagu mas

  39. elz
    Agustus 6, 2008 pukul 2:54 pm

    semoga kontroversi ini cepat jadi jelas dan segera berakhir,,

    amin….

  40. Daeng
    Agustus 22, 2008 pukul 11:59 pm

    Salut…buat Abe (masuk surga) dan JAHANNAMMMM BUAT CARAMEL SURABAYA…(MASUK NERAKA JAHANNNNAAAAMMMMM). Dasar pembohong…lidah kamu akan dipotong-potong berulang kali di neraka.

    temannya RYAN dong!!!

  41. Oktober 6, 2008 pukul 6:43 am

    good article thank you

  42. shara yatayukti koesmadjie
    Maret 19, 2010 pukul 11:27 am

    yg sabar jj wad neng geby..
    qu yakin cinta kalian kan bersatu di alam sana..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: