Beranda > I THINK, INFO > Trend Abegeh jaman sekarang

Trend Abegeh jaman sekarang

Setiap masa memang memiliki kisah sendiri bagi remajanya, bagaimana era 70’s dengan Roc’nRoll style dan calana tapak kudanya, era 80’s dengan disco nya, 90’s dan dan periode selanjutnya sampai sekarang dengan warnanya masing masing. Saya Mencoba mencermati tren gaya hidup anak muda jaman sekarang (ceilee… merasa anak tua nih!!) yang tidak kalah berwarnanya dengan anak muda jaman dulu, heheh….. Dengan merebaknya sarana informasi dan komunikasi seperti internet, ponsel, serta segala kemudahannya untuk berinteraksi dengan orang lain, maka arus informasi pun semakin deras. Gaya hidup serta mode semakin mudah untuk diikuti, tidak kenal mode itu ditelorkan selebritis Hollywood di USA atau mungkin kebiasaan kaum urban di ibukota negara.

Dari berbagai sumber, saya ingin mengidentifikasi, bagaimana trend/mode anak gaul jaman sekarang yang meliputi penampilan (style), bahasa maupun tulisan, tingkah laku, serta hal-hal lain yang saya anggap menarik untuk dibahas. Yang pastinya sebelum kita membahas lebih jauh, bisa jadi yang akan di uraikan dibawah tidak mewakili dari persepsi anda melihat anak muda jaman sekarang, jadi biarlah saya berbicara dengan cara saya melihat, dengan berdasarkan penelusuran di forum forum seperti kaskus yang memiliki beberapa thread mengenai masalah ini, serta dari beberapa sumber lainnya. heheh kita mulai, inilah pencitraan saya tentang anak muda sekarang:

  • Remaja cowok: rambut mohawck, emo, Harajuku, Britpop. Mereka juga suka ke salon untuk smoothing rambut. Rambut cewek: di-rebounding, hitam, dan lurus banget. Setelan indies, rock and roll, atau kejepang-jepangan. Pakaian terutama cewek, warna suka yang nabrak-nabrak. Baju kuning, cardigan ungu, celana ijo, sepatu pink, tas pink, dst. Oh, kalau cowok pakai Polo shirt, kerahnya suka dinaikin. Pakai jam tangannya Levi’s yang model kotak-kotak (hehe… tapi kebanyakan kw1).

  • Dragon Ball, Doraemon, Kungfu Boy, Chin Mi, Legenda Naga? Udah lewaattt… Sekarang: Bleach, Death Note, Naruto, 20th Century Boy, Avatar. Yang cewek punya kegemaran nonton drama Korea. Kalau pegang remote TV? Yang diklik saluran musik melulu…

  • Makan? McD, KFC, JCo, Hoka, Bread Talk, dll. Remaja-remaja suka makan rombongan. Tapi, saat bayar, antri! Alias bayar sendiri-sendiri. Kasirnya sampai BT, kenapa nggak sekalian satu saja yang bayar? Kalau ke Starbucks, beli kopinya satu gelas, yang nongkrong separo kelas. Di bus, di angkot, lagi jalan, di sekolah, atau di kampus, mp3 atau iPod tak pernah ketinggalan, kupingnya selalu disumpal earphone.

  • Sekarang zamannya laptop! Ke mana-mana cari wi-fi gratisan. Kesepian, nggak ada tempat tongkrongan, malu, dong… So, cari tempat, nyalain laptop, terus buka internet. Padahal, yang dibuka website yang nggak penting dan buka gambar-gambar nggak jelas. Kalau friendster, myspace, facebook, yang penting temannya buanyak! Mau kenal kek, kagak kek, add saja terus…

  • Demen banget ke mall. Cowok-cowoknya biasa nangkring di pinggir-pinggir eskalator sambil lihat ke bawah, yang cewek sibuk nyari pernak-pernik. Remaja cewek kalau jalan ke mall suka bawa tas yang dicangklong di lengan, mirip tas ibu-ibu yang mau ke resepsi pernikahan, mungkin biar terlihat sudah dewasa. Sudah pada mulai kenal clubbing, rajin cari invitation biar bisa clubbing gratis. Banyak yang ngerokok, tapi nggak ditarik. Cuma isep-buang, biar keliatan keren. Ssst… sering saling ketipu oleh penampilan. Lihat dari blakang sepertinya body malam Minggu. Begitu dilihat dari depan, busyet… malam Jumat Kliwon!

  • Bikin MSN/YM biar gaul, myspace, LC (Live Connector), facebook, dan situs pertemanan lainnya. Kalau dulu, cowok baru kenalan sama cewek nanyanya nomor HP doang, sekarang ditambah lagi, friendster lu apa? Bacanya teenlit, Cosmo Girl, dll. Kalau lagi ngomong, kadang pakai lirik lagu, tapi suka nggak nyambung!

  • Cewek-cewek kalau lagi ngobrol di angkot, dalam jumlah banyak, biasanya ngomong sedikit langsung ketawa bareng sampai mulutnya luebar banget! Kayak mau robek, gitu. Dikira angkot moyangnya kaleee, sampai ketawanya ngalahin klakson truk gandeng, huahhh… huuuahhh…huuuuahhhaaa!

  • Kalau bawa mobil, musiknya pasti yang “ajeb-ajeb” plus sound system yang super kenceng. Kacanya bening, knalpotnya sudah diganti. Gaya nggak mau kalah sama sopir angkot, seliweran terus sana-sini.

  • Kalau lagi ngetik, suka buat kalimat yang aneh-aneh. Misal: sayaH seDan9 g4lauw m3n1kmati sepi seNdirih… Ah, benar2X gelisah… HuHUhU… Mengganti kata “dong” dengan “doms”, “bingung” dengan “B1nuN”, Mengubah nama orang dengan cara ditambahi “ski”. Contoh: Roy jadi Roski, Taufik jadi Taufski, Fery jadi Ferski. (Halahahalah, lagi musim salju, apa?).

  • Sebentar-sebentar bilang: gue gitlohh…, gila lu…, cape dyeee…, keciaannn de luuuu…, bo, dan seterusnya. Misal: aduh bo, tau nggak sih tadi dia ngeliatin gue? Cewek-cewek sering banget bilang: ya iyalah…, dan, jangan gila dong…, secara gitu loh!, atau versi lengkapnya: “ya iyalah masa’ ya iya dong secara mulan jameelah masa’ mulan jameedong” sambil lidahnya melet-melet (mirip orang lagi kecekik lehernya!).

  • Menggilai pop art dan desain. Banyak yang punya baju/kaus gambar Marylin Monroe dan cover album Velvet Underground yang bergambar pisang.

  • Cewek-cewek banyak yang punya dua handphone. Satu buat SMS, musik, foto-foto, satunya buat menelepon murah. Kalau lagi foto-foto, posenya, cewek: miring kira-kira 45 derajat dengan tampang sok cute lalu diedit pakai Photoshop (mereka menyebutnya sotosop). Tujuannya, biar kalau muka ada kandungan jelek-jeleknya nggak kelihatan. Pose yang cowok: ngangkat dagu, lihat ke arah yang terang cahayanya. Kalau enggak, nunduk ke bawah, tapi mata lihat ke depan sambil pamer rambut. Juga, suka foto sambil lidahnya melet, pipi digembungin, lalu matanya melotot. Yang lihat bingung: ini jelek dibuat-buat atau jelek orisinal? Upaya penipuan visual diam-diam…

  • Kalau lagi sendirian di tempat ramai, kerjaannya ngutak-ngatik HP, biar keliatan seperti lagi sibuk SMS-an, padahal sedang kesepian… Rata-rata paham banget dengan berbagai fitur jenis HP. Kalau SMS romantis nggak mau pakai bahasa Indonesia, pakainya Inggris. Juga paling demen menyingkat-nyingkat kata, dicampur sama angka, dan menulisnya gede-kecil. Misalnya: Hi, hR Ni Lo3 M0 jLn2x B4rEn9 9W g4..? Kq MbaL4s sMs-nyh LamA b9t C..? (Hai, hari ini lu mau jalan-jalan bareng gue nggak? Kok mbalas SMS-nya lama banget sih..?). Hadahadahhh… boro-boro balas SMS model begini, baca saja kepala rasanya pusing banget…

Lengkaplah sudah…. Saya jadi mempertanyakan seberapa ampuh kah pelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan sejak TK sampai bangku perguruan tinggi, sementara anak mudanya saja mulai merasa jadul (jaman dulu) ketika menerapakannya dalam kehidupan sehari-hari baik dalam komunikasi lisan maupun tulisan. Apalagi ditambah gaya-gaya yang aneh (bagi sebagian orang) ketika mereka bersosialisasi dengan orang lain, semakin mengokohkan keunikan tersendiri generasi muda jaman sekarang. Karena saya termasuk dalam “anak muda jaman sekarang” maka saya (merasa diri) masuk dalam komunitas seperti yang ada di list diatas. BiNuN kan…..??? (sambil memfoto diri sendiri pose kepala 45 derajat dan mulut monyong di monyong-monyongkan)

Kategori:I THINK, INFO Tag:, , , , ,
  1. yaya
    Juni 19, 2008 pukul 8:47 pm

    selayak’ny bumi yg brputar pd poros’ny,khdupan mnusia’ny pun akn brubah bak roda yg sslu brputar melalui proses perputaran’ny,bgtu jg dgn Qt,ank2,org tua,atw mnusia zaman skrg yg Qt sndri g’ bs ngbedain status yg d’sandang’ny,yg pst g’ smua org tua zaman skrg akn sslu BENAR,& g’ sslu s’org ank zaman skrg sslu SALAH,pergaulan zaman skrg bkn hny merubah ank bangsa,tp liat org tua’ny yg berpenampilan g’ mau kalah dri ank2’ny,smua ntu d’karnakan pemahaman yg krg d’kuasai olh mnusia’ny itu sndri,GADA YG SALAH DGN ZAMAN!!!!! yg pst jdlah dri sndri yg mmpunyai ciri khas,walu pun JADUL tp org akn mengingat,mngenang,bhkn mrindukan Qt dgn ciri Khas yg Qt pny,SO TUNJUKAN KAN PD DUNIA SIAPA DRI KMU YG SESUNGUH’NY…….

  2. Juni 21, 2008 pukul 8:39 am

    hahaha

    😀

    dasar
    lo
    cape2in meratiin anak orang tapi gw kagak termasuk nih
    gw kan kaga pernah pake polo shirt, pake kaos oblong n clana pendek duank ama sendal jepit haha

    jiakakak, tapi kalo lw suka pose 45 deratat, termasuk dong!!! so, wellcome to club!!!

  3. Juni 21, 2008 pukul 9:36 am

    bung cara komen di komen orang gimana ?? ajarinlah😀

    cara mereply comment seperti yg saya lakukan sekarang ini dengan menggunakan tag blockquote, caranya login ke wordpress anda dan cari manage comment, tambahkan dibawah comment yang mau direply:

    <blockquote> comment anda <blockquote>

  4. Juni 24, 2008 pukul 10:39 am

    Hi, hR Ni Lo3 M0 jLn2x B4rEn9 9W g4..? Kq MbaL4s sMs-nyh LamA b9t C..?

    asli, kalau ada yang kirim sms kayak gini gak bakalan saya bales…..

    sama, kecuali kalau udah ditemukan dekoder pemecah sandi bahasa gaul,😀

  5. Juni 27, 2008 pukul 9:59 pm

    blame it on shitnetron😆

  6. Juni 29, 2008 pukul 3:47 am

    yng pasti, abegeh sux!

  7. viestinlove
    Juni 29, 2008 pukul 5:31 pm

    bekkekeekekekkeek….
    begitulah memang,,, aku setuju ma kesimpulanny, tapi menurutku, kamu terlalu merendahkan…

  8. Juni 29, 2008 pukul 7:02 pm

    Hooo…..

    Kalo laptop mah sekarang udah barang (hampir) wajib buat mahasiswa. Soalnya tugas bejibun banyaknya, kuliah juga setengah hari penuh. Yang ada ya buat tugas pas jeda kuliah.
    Kalo masalah nyari wi-fi gratis untuk internetan yg ga penting macem facebook, fs, dll, itu mah tergantung mereka sendiri… hahaha…

    Aduh, gw sih kalo dengerin musik “ajeb2” enakan di rumah…..

    Yeah, bener kata nonasheila, blame it on SHITnetron….

  9. Juni 29, 2008 pukul 7:29 pm

    @non Sheila: Shitnetron sama tren gaya abg bagai ayam sama telur, sinetron mengadopsi trend abegeh dan sebaliknya, jadi kalo menurut saya, bukan cuman shitnetron kalee, trus apaan dong! Teletubiesnovela, Melowdrama, animesme, dan mungkin juga “hentai” bisa jadi kambing hitam…

    @Om black: Tul gak Om!!!

    @Viestin: Bukan merendahkan, hanya prihatin.

    @asopusitemus: yo’i, kalo perkara leptop yang ditenteng kemana2 itu bukan sesuatu yang aneh dijaman sekarang. Beda sama jaman dulu yang mahasiswanya nenteng mesin tik ke kampus, dan jaman dulu gw yakin 120% tuh mesin tik ditenteng bukan buat gaya2an juga bukan buat akses EF ES, YUTUB ato MAISPES. Bandingkan dengan sekarang…

  10. Juni 29, 2008 pukul 9:27 pm

    wah gw doyan anime kagak segitu nya tuh😆 , bahkan orang2 sejenis gw juga ga segitunya. gw sih cuman liat dampak nyatanya aja. yang paling keliatan itu jaman gw smp, pas booming-nya pernikahan dini. hahaha…dooohh…anak2 seangkatan gw gak bisa dibilang gaul kalo dandanannya gak kayak agmon😆

    kalo masalah laptop gw stujuh sama asopusi, buat tugas, dan kalo kebetulan ada wi fi, ya sekalian ngecek2 fs dan imel lah…jangan disamain ama yang dulu, dulu emang ada fs? dan kayaknya kita udah mahfum dech kalo internet itu sekarang udah lumrah dan bukan buat gaya2an. yah, basi banged klo ada orang nenteng laptop dan nyari wi fi kalo cuman sekedar pamer, katro.

  11. Cemut
    Juli 9, 2008 pukul 8:30 pm

    He….he…he. Bikin aku ngakak! Tmen aku jg da yg kyak gt.. Uh jd inget nih?1 he….100x.

  12. Juli 15, 2008 pukul 4:31 am

    wah situ anak gaul juga? tau banyak😀

    Artikel saya kumpulkan dari beberapa forum yang membahas masalah ini, diantaranya kaskus dan detik forum. Ada juga beberapa kriteria yang lahir dari investigasi kecil kecilan saya😀
    Kalau memiringkan kepala ketika difoto masuk dalam nominasi sebagai anakgaul, panggil saya anak gaul.

    jiakakakakka……

  13. September 6, 2008 pukul 11:31 pm

    ga cuman anak abegeh aja. temen kuliahku juga buanyak yang kayak gitu. padahal udah pada semester 9 – semester 11. jangankan ngetik sms. nulis di blog aja pake tulisan aneh gitu. sapaaaaaaaaaa gitu yang betah nongkrongin blognya. chapheeeee deyh akyu… =))

  14. Andoendh ma Arindra(nebeng)
    Januari 12, 2009 pukul 2:49 pm

    WWuaaaaAAAAAaaaah gag segetU na kaleee……
    klo cew jaman SekarangH yuaaaa sox cute . . . da jg yanX gag cute taphi soX cute . .

    • Januari 13, 2009 pukul 4:02 am

      apasih apasih apasih???
      🙂

  15. Giex
    Januari 12, 2010 pukul 8:17 pm

    wew…..
    no comment,,
    pokokx siip dah…..

  16. Oktober 29, 2011 pukul 9:06 pm

    beri tahu saya….

  17. Januari 17, 2014 pukul 8:08 am

    Oke.. keren juga ulasannya ini yang aku cari-2 lumayan tuk pencerahan. Kalau Saudara hendak mencari kesenangan bernyanyi nii saya beritahu rekomendasi tempat karaoke yg lumayan lengkap.Salam Sukses. http://cb150rstreetfire.wordpress.com/2014/01/04/karaoke-oke-ala-hello-fktv/

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: