Beranda > INFO > Istilah “gaul” Makassar

Istilah “gaul” Makassar

Ini ada beberapa istilah gaul Makassar, ada yang mau tambahkan..?

1. matemija!
matemija! kalo diartiken harfiah agak susah karena bisa berarti macem-macem.. tapi kurang lebih senarnya adalah ungkapan kaget, terperanjat, teringat sesuatu, atau bisa juga sebagai ungkapan sopan tapi nyindir…
kalo matemija saja lebih ke ekspresi kaget
contoh:
matemija! bagaimana tawwa kejadiannya? = kaget
matemija! bisa na di’? = terperanjat
matemija! lupaka jempu’ki anu… = lupa terus teringat sesuatu
matemija! datangmi bos ka. nasessa ngaseng maki seng! = sopan tapi nyindir…
matemija! = diamput! matek aku! halah!

2. nagigimakie
ini ungkapan lucu yang mungkin berasal dari maen gigit-gigitan antar teman di jaman dulu tapi artinya sekarang telah berubah lebih ke arah sindiran tapi buat lucu2an antar teman yang lebih jago ato lebih dari dirinya…..
contoh:
tawwa, jagona mamo komputer……nagigimakie!

3. apaji!
ini kurang lebih artinya apa dong! (inget ya, pake tanda seru jadi bukan kata tanya). tapi seperti ungkapan makassar laennya, bisa juga dipake dalam kondisi macem2…, misalnya dipake sebagai ungkapan kekecawaan karena berharap sesuatu tapi nda jadi
contoh:
apaji! lama sekali ko kutunggu!
apaji! ko bilang mo bawakankan cendol….
aaapaji! (diucapkan agak panjang ‘a’ nya) sa kira tommi ko mo kasika…ko janjika’ kemarin, ces…

4. ndataukdeh!
gak taulah! emang gw pikirin! (diungkapkan dengan mimik cuek dan agak cemberut karena merasa terganggu ato dengan tampang sok bloon males menjelaskan…)

5. maju gondronk!
dulu, jaman 80-90an banyak orang gondrong (bukan cuman mahasiswa saja) dan anggapan orang kalo gondrong berarti rewa/berani ki jadi muncul istilah majuko gondrong! (…mungkin piti’ piti’ ja, tolo’…)
biasanya juga istilah ini dipakai untuk memprovokasi orang yang lagi berkelahi ato demo karena dia sendiri nda berani maju ke depan…

6. apa be’ itu ?
apa bede’ itu? sudah jelas…

7. sallangku di’…..
sallangku = salam ; sallangku di’ = salam ku nah…
‘punna nuciniki agangku, kana mami sallangku di’ = kalo ketemu ma temenku, titip salam ya…

8. janlaloko kocci’2ka dari belakang……, jatu wibawayya….
artine: plis deh, jangan towel2 gw dari belakang, ‘ntar jatuh dong wibawa gw!

9. piyu! piyuuuuu……..!
ini ndada artinya. cuma cara manggil teman, sapaan kalo lagi lewat depan rumah teman ato gebetan/odo’2 (belum jadi pacar)
kalo piyu-piyu…! biasanya diteriakkan kalo lagi ada cewe’ manis lewat… anak lorong mode : on

10. ewako!
berasal dari kata rewako! artinya beranilah! idiom khas makassar untuk keberanian. idiom khas PSM juga kalo kagi bertanding. pokoke, idiom khas orang makassar lah……

11.tenamo!
ungkapan penolakan or kekecewaan yang desperate, halah! maksudnya gini, tenamo bisa berarti tidak…nggak lah! ato janganlah…, bisa juga berarti gak jadi, gak bisa diharapkan, yah…gak jadi deh! ato semacam itu.
“riolo ji ntu, ndi’! kamma-kamma anne, teeenamo!”
artinya: itu mah dulu dek, kalo sekarang sih, gak deh!

12. bagaya begitu ko, cowot/cewet!
artine: sok begitu, cowok/cewek!

13. sori, nah !!!
(umumnya cewe’ yang bilang ini dengan nada tersinggung. lha, kenapa mesti minta maap?…)
nah yang ini mah lebih tepat kalo bu lisa ato tante heroine yang jelasin………

14. apayya seng?
apa lagi? soal apa lagi? ada apa lagi?

15. aih, tena kabajikang!
ah, gak ada baeknya! gak pernah beruntung dah!

16. hancurko, lame-lame!
ini istilah kalo lagi kongkow2 sama ana2 entah di kampus, lorong ato di dekker2….
hancurko, lame-lame adalah sebutan untuk teman yang dicalla’, dipermalukan sama cewe’ yang lagi diodo’ ato korban penderita dari calla’an di kelompok itu…

17. kammanjo cikali!
begitu, ces! begitu, sodara! cikali dalam bahasa makassar artinya sodara dekat or sepupu, kurang lebih sama kalo dibugis disebut cappo’ or sappo’.

18. kasi’ ma, rong!
berikan ke saya dululah! kasi’ ma dulu…

19. apaka antumae or sapaka antumae
apakekdah or siapa kek dah….

20. oee…….sappeda……!
istilah ini terkenal jaman dulu, entah siapa yang mulai. paling mungkin berasal dari obrolan tukangbecak yang memang banyak melahirkan istilah2 lucu di makassar
ada juga yang bilang (temen gw yang sok filosofis..) we, sappeda…..adalah sindiran bagi orang miskin yang gak punya apa2 dan merupakan pasangan dari istilah, we…pajero…..! entah benar ato tidak…)

21. piko berak! pigi berak!
satu lagi istilah lucu dari makassar . arti harfiahnya sebenarnya: pergi bab (buang air besar) tapi senarnya menjadi idiom sindiran bagi seseorang untuk menyudutkan orang lain yang terlalu banyak ngomong, sok pinter or lagi males aja bicara ma orang itu… ato
ungkapan lucu ketika membicarakan sesuatu yang tidak mungkin ato cuma mimpi, biasanya ditutup dengan kata2 ini….. pigi berak!

23. bispit!
Singkatan dari “bisa pi itu” atau mana mungkin dalam bahasa Indonesia

ada yang mau tambahkan..??
(comotan dari kaskus.us dan makassarterkini.ning.com)

Kategori:INFO Tag:, ,
  1. Mei 9, 2008 pukul 2:31 pm

    PMS Nich …

    seep makasih udah mampir mbak!!

  2. anginbiru
    Mei 14, 2008 pukul 8:11 pm

    hmm,, bisa jadi referensi kalo besok2 ada kesempatan ke Makassar lagi nih.. hihi.. aku mah taunya cuman Pete-pete,, Pallu Mara,, Coto Makassar,, Songkolok Bagadang.. kikiki…

    seep nice beginning, itu baru sebagian kecilnya saja, heheh….

  3. Mei 19, 2008 pukul 3:50 pm

    Teman saya mi pernah bilang gini ki waktu makan..
    nasi tha hari mi di’
    ji, apa artinya mi ki?

    tar dulu….. Transtool vers. Makassar – Indonesia ku nge hang, keknya ada kesalahan structure deh…..
    nasi ta’ = nasi anda / nasi mu
    mi’ = akhiran yang artinya kira2 mirip “lah” dalam bhs indonesia.
    d’ = akhiran yang artinya kira2 mirip “ya!!” atau kata seru dalam bhs indonesia
    yang aneh kok ada kata harii di tengah2, sorry, otak ku ikutan nge-hang!!

  4. Juni 18, 2008 pukul 11:04 am

    menarik jo ! mau bikin ginian udeh keduluan situ, apaji ! matemija..😀

    ndak sampe mati ji….
    hehehe…

  5. wee.......dhiank
    Juni 20, 2008 pukul 10:20 am

    heba’ nya idenya “istilah gaul” temparoongg…………

    biasa ji ces!😀

  6. Juni 29, 2008 pukul 10:05 pm

    ewako kan bahasa bugisnya😀

    apayya seng? itu arti bahasa bugisnya kan apa km bilang😀 hehehe

    mantap sekali cika…🙂

  7. buram
    Juli 12, 2008 pukul 11:46 pm

    mana sare bayao?…panra’ko lame-lame?…

  8. Faisal
    Juli 14, 2008 pukul 10:50 am

    Salamu alaikum Anak manako gang? Hehehe, Makassar mentongmi ini iya
    Eh, salam kenal dari anak panynyingkulnya Antang-Tello Makassar. Tabe’ di

    Salam kenal balik dari anak pondokan unhas dekat kanal😀

  9. Juli 19, 2008 pukul 8:01 am

    Tabe’ di’, Hìhihi… hebat na tawwa, bs terbitkn kamus gaul mks-ina:-D mantap mentong bhs mangkassara.

  10. maillong
    Juli 28, 2008 pukul 10:09 pm

    nyamanna tawwana

  11. David Elia Mustakim
    November 17, 2008 pukul 11:24 am

    Hebat ! ini baru iseng2 produktif ! ato… mbalu’ tong ki rinni ka?

  12. lia_FREenzy
    April 1, 2010 pukul 4:31 pm

    ewako makassar….
    by frenzy

  13. November 16, 2011 pukul 5:30 pm

    cieeeyyy,,,
    na gappa nha tawwa…😀

  14. Januari 16, 2012 pukul 8:01 pm

    Permisi gan… sy mau dong gan tukeran link ma agan.. sy dah tancepin link agan di blog sy.. silahkan di cek gan ..
    Silahkan Pasang Link saya :
    Anchor : C4T4T4N 4N4K B4NGS4
    Url link : http://khamriadhye.blogspot.com/

    Di follow jg yahhh gan,,,
    ane tunggu backlink nya yah gan…trims
    Salam sukses,,

  15. Juli 18, 2012 pukul 5:40 pm

    Wakakakakakakaka….
    Makalla ka’ baca ki ini artikel😀, good luck

  16. daenk late
    Oktober 8, 2013 pukul 12:21 pm

    thanks na cess!!!!

  17. rhola
    November 25, 2013 pukul 2:17 pm

    gammara mentongi bahasa mangkasarra ka

  1. Januari 5, 2012 pukul 11:26 pm
  2. Februari 18, 2012 pukul 2:31 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: