Beranda > INFO, linux > Generasi Blankon Terbaru yang bernama Lontara

Generasi Blankon Terbaru yang bernama Lontara

Sebuah pencapaian terbaru dari para pendekar Blankon yang memperjuangkan OS yang Indonesiawi kini telah direlease. Setelah sukses dengan versi Blankon sebelumnya, versi ini dijanjikan akan menjawab tuntutan user yang menginginkan kemudahan dalam mengoperasikan OS selain windos yang selama ini terbilang sulit ketika kita harus berhadapan dengan linux untuk pertama kali. Selain antarmuka yang berbahasa indonesia, paket-paket yang disediakan didalamnya lumayan komplet, user tidak perlu mengupdate atau menginstal beberapa codec standar seperti paket multimedia untuk mendengar musik dan memutar video.

Generasi terbaru itu diberi nama lontara, saya kurang tahu bagaimana latar belakang nama itu secara filosofis tapi yang saya tahu bahwa lontara adalah manuskrip tulisan kuno yang biasa dijumpai di daerah Sulawesi Selatan yang terbuat dari bahan daun lontar dan sekarang hanya bisa ditemui di museum-museum di seluruh dunia. Beberapa epos besar dalam sejarah peradaban umat manusia seperti epos I La Galigo dan beberapa catatan kerajaan Gowa Tallo. Walau sayangnya lontara hanya menjadi konsumsi segelintir orang saja, kurang dikenal luas, dan cenderung menjadi pajangan museum dibanding dipublikasi dan disebar ke masyarakat.

Sayang sekali saya belum berhasil mendapatkan skrinsut dari versi teraru ini, tapi kayaknya tidak jauh beda dari versi sebelumnya atau keluaran Ubuntu terbaru. Semoga Blankon 3.0 Lontara yang baru direlease tidak bernasib sama seperti lontara-lontara yang ada di Makassar dan beberapa tempat di Indonesia…..

download Blankon 3.0 lontara
Kategori:INFO, linux Tag:
  1. iEn
    Mei 5, 2008 pukul 8:20 am

    yaa.. ien tukar template.. ien rindu my old banner haha!

  2. Mei 5, 2008 pukul 11:01 am

    Halo bro. Thanks dah mampir dan ninggalin jejak.

    Wah… disini aku dapet ilmu baru nih. Aku nggak tau kalo dah ada linux indonesia. Baru tau setelah baca artikel ini. Emang sih akunya yang nggak terlalu interest dengan linux. Begitupun thanks 4 sharing bro.

  3. shavaat
    Mei 5, 2008 pukul 8:03 pm

    sedikit menyimpang dari bahasan Blankon: I La Galigo, katanya tidak kalah dengan Mahabrata dan Ramayana. Adakah versi yang bahasa Indonesianya?

    I La Galigo setau saya adalah sebuah karya sastra yang selevel dengan dua epos terbesar India (Ramayana dan Mahabrata). Manuskript I La Galigo konon berjumlah beberapa jilid dan sebagian besar tidak berada di Indonesia melainkan di bawa pemerintah kolonial Belanda dulu dan kini tersimpan di Leiden Belanda. Maha karya ini kalau gak salah pernah dibukukan di Belanda, dan versi Indonesianya pernah saya lihat di Gramedia (saya kurang tahu itu bagian dari beberapa epik I La Galigo ataukah hanya pembahasan mengenainya).

  4. Mei 6, 2008 pukul 6:03 am

    Hore! Hore! Hore!

    *perayaan telat*

    HEHE, iyah, PC ku sempat diopname lebih dari seminggu. jadi gak gak sempat dapat info terbaru mengenai peluncuran BlankOn 3😦

  5. AFAT
    Mei 9, 2008 pukul 4:59 pm

    1. ada yg tahu Blankon lontara pakai kernel berapa?
    2. turunan dari linux mana itu blankon lontara?
    3. bisa untk server tidak?

  6. Mei 10, 2008 pukul 4:19 am

    Lah, anda kan bisa RTFM di situs resmi blankon bos afat.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: